.

Culture Shock

1:35:00 PM

Akhirnya baru ngerasain yang namanya culture shock juga di Jakarta. Walaupun bukan diri sendiri yang ngerasain, tapi nyokap. Kok? Iya, dampak culture shock nya nyokap itu terasa di saya. Gini saya ceritaain.

Nyokap kan sekarang udah tinggal di Jakarta sejak tanggal 26 december 2011, soalnya adek saya pindah sekolah ke Jakarta so, semua diboyong ke sini deh. Ceritapun berlanjut. Nyokap excited banget setiap di ajak jalan-jalan kemanapun itu. Berasa banget Jakarta itu kota terkeren sedunia, walaupun nyokap asli sini heheh.. Semuanya berasa aneh di mata di mata nyokap. Setiap hari keluhannya soal perbedaan yang mencolok antara Palu dan Jakarta. Dan biasanya itu soal harga makanan. 

Pernah nyokap ampe marah-marah nggak jelas hanya karna makanan yang harus dibayarnya ( ceritanya lagi traktir adeknya beserta anaknya nihh aka paman saya dan sepupu saya ) sampe IDR.60.000 untuk menu gado-gado, etc yang katanya rasanya itu nggak sebanding dengan harga yang harus dibayar. Dan kata-kata pamungkasnya selalu berbunyi seperti ini :
 Di palu itu, Rp.60.000 itu udah dapat makanan mewah! Masa mama cuma makan gado-gado aja sama soto bayarnya segitu? Mana rasanya standar banget lagi!

Saya yang dengerinnya cuma senyum-senyum geli dengerin nyokap ngomel-ngomel nggak jelas pas pulang kerumah. Dan mau tau komentar saya apa soal omelan nyokap?

Mama..?! Sebelum makan ngecek harganya dulu nggak seporsinya berapa? Pas ngeliat menunya ada harga yang tertera nggak di situ? Kalau nggak ada, itu artinya mereka make sistem nembak harga mah? Makanya kalau makan di kaki lima yang bukan kaki lima terkenal, coba tanyain dulu harganya. Biar nggak main tembak gitu? Di palu ama di Jakarta jelas beda mah, Jangan di samain hehehe
Dan walhasil, nyokap diem sambil mastiin komentar saya tadi bener apa nggak heheh..
Tapi bukan cuma itu aja lho kejadian yang bikin saya ampe geleng-geleng kepala ngeliat tinggkah nyokap yang merasa aneh sama beberapa hal di Jakarta.

Pernah juga nyokap ketawa ngakak sengakak-ngakaknya cuma gara-gara di komentari sama orang-orang di sekitar mesjid yang lagi minta sumbangan pembangunan mesjid. Biasanya kan peminta sumbangan tersebut duduk di sekitar mesjid sambil ngomentari orang-orang yang lewat atau minta sumbangannya by microphone. Nah, pas nyokap lewat disitu dan dikomentari sama orang-orang tersebut, nyokap ampe ketawa ngakak pas di bonceng sama ade saya yang saat itu mau ke kantor kelurahan. Padahal mah, komentarnya biasa banget.

Hati-hati yah dek, bawa motornya. Kok anaknya sih bu yang bawa motornya, bukan ibu?

See?
Biasa doank kan? Tapi mungkin karna nyokap baru tau kalau cara orang minta sumbangan di mesjid seperti itu aka pake microphone dan sering komentari orang-orang yang lewat di sekitarnya, nyokap ngerasa aneh dan geli saat dikomentari seperti itu. Padahal mah buat saya itu biasa banget.

Mungkin perbedaan-perbedaan budaya seperti itu bikin nyokap sedikit aneh. Walaupun beda budayanya serta cara ngelakuin sesuatu itu masih di Indonesia. Kalau udah diluar negeri gimana ceritanya? Pasti lebih parah lagi komentar sama ketawanya.

You Might Also Like

0 comments

Followers

Popular Posts

The House of Full of Story

Selamat datang di rumah saya yang penuh dengan cerita tentang perjalanan, buku, pemikiran, dan apa pun yang mungkin saja akan saya tuangkan.

Jangan lupa untuk share cerita kalian di kolom komentar yah supaya bisa menjadi inspiriasi baru buat saya dan teman-teman lainnya.

=========================================

Welcome to my house that full of joy of story about traveling, book, random thought and anything that i will share in this blog.


Dont forget to share anything in comment section so it become new insight for me and other readers.


Contact me : Vindri.prachmitasari@gmail.com

Phone : +62-85218846138

Member of

Blogger Perempuan
ID Corners

Subscribe