.

( Writing Tips ) Cara Membuat Karakter Tiap Tokoh di dalam Novel

1:39:00 AM

Beberapa waktu yang lalu saya dapat email dari reader yang menanyakan bagaimana caranya membentuk suatu karakter yang berbeda untuk tiap tokoh di dalam novel?

Hmm, ini juga merupakan pertanyaan yang pernah saya rasakan sebelumnya.  Jadi sebenarnya , membuat karakter berbeda di tiap tokoh itu susah-susah gampang. Nah, berikut saya infokan beberapa tips yang pernah saya terapkan ketika saya membuat tokoh novel :




1. Lakukan observasi


      Membuat karakter berbeda di tiap tokoh dalam novel itu memerlukan observasi kecil-kecilan lho. Karna tokoh yang ada di dalam novel itu tidak hanya satu tokoh saja, ada beberapa tokoh yang harus dibuat untuk bisa menghidupkan cerita. Kadang kita suka terbentur sama karakter apa yang harus di sematkan bagi tokoh lainnya di dalam novel atau tokoh utama di novel tsb. Nah, obeservasi ini sangat membantu banget lho.

Kadang ada penulis yang langsung terjun ke suatu tempat untuk bisa mencari karakter tsb dan ada pula yg cukup melakukannya dengan memperhatikan tingkah laku orang sekitar kita. Bisa pacar, sodara, tetangga, sahabat dan lain-lain. Dari beberapa tsb bisa kita pinjam karakternya untuk di tempatkan pada tokoh novel kita. Secara karakter tiap orang beda-beda kan?!

Oia, media tv, film dan drama juga banyak membatu lho. Secara banyak karakter dari tiap tokoh berhamburan di sana, sehingga memudahkan kita untuk meminjam karakter mereka lho ;p

2. Sesuaikan karakter dengan isi cerita dan tokohnya.

     Karakter dari tiap orang dimuka bumi ini banyak banget. Kita nggak mungkin menempatkannya semua di tokoh kita. Sesuaikanlah dengan ide cerita dan tokohnya. Contoh : ingin membuat karakter penyanyi rock harus mengambil karakter penyanyi rock yang kita kenal,  bukan mengambil karakter penyanyi dangdut. Jomplang banget kan ntar jadinya.

3. Buat pembeda antara tokoh 1, 2, dan 3.

    Nah kadang ini yang sulit. Setelah mendapatkan karakter yang sesuai, kadang kita suka ketuker karakter antara tokoh 1 dengan tokoh 2 atau sebaliknya. Alangkah lebih baik membuat note kecil untuk pengingat karakter tiap tokoh di dalam novel. Sehingga karakter tiap tokoh tetap pada jalannnya.

Tips-tips tersebut cukup berhasil lho saya terapkan ketika menulis novel. Jadi saya mencoba membaginya dengan kalian. Semoga tips ini bisa membantu ^^



XoXo
Vindri Prachmitasari

You Might Also Like

0 comments

Followers

Popular Posts

The House of Full of Story

Selamat datang di rumah saya yang penuh dengan cerita tentang perjalanan, buku, pemikiran, dan apa pun yang mungkin saja akan saya tuangkan.

Jangan lupa untuk share cerita kalian di kolom komentar yah supaya bisa menjadi inspiriasi baru buat saya dan teman-teman lainnya.

=========================================

Welcome to my house that full of joy of story about traveling, book, random thought and anything that i will share in this blog.


Dont forget to share anything in comment section so it become new insight for me and other readers.


Contact me : Vindri.prachmitasari@gmail.com

Phone : +62-85218846138

Member of

Blogger Perempuan
ID Corners

Subscribe