.

[TIPS] Ke mana Harus Cari Tiket dan Hotel Murah?

10:08:00 AM

Happy New Year All!!
Basi banget nggak sih baru ngucapin sekarang dan baru nulis blog lagi setelah September 2016 kemarin?
Basi kali yee..
Nggak papa deh, kalo basi yaa kasih kucing aja. Beres kan hehehe

Jadi gini, baru ngecek kolom komentar di blog dan Oh Siwonku! Banyak yang komen ternyata. Selain komentar soal spam pinjaman dll, ada juga yang tanya soal ke mana aja kalau cari tiket pesawat dan hotel murah.

Sebenarnya, jawaban dari pertanyaan itu udah ada sejak dulu. Tapi baiklah, mungkin saat itu pada belum ngeh soal traveling with low cost. Jadi, saya coba share lagi yah informasinya. Semoga berguna.



Tiket pesawat.

Bagaimana cara dapat tiket murah. Jawabannya adalah rajin cari di website airlines. Mereka sering banget kasih promo tiket yang kadang suka bikin kalap. Dan kalo belum ada yang tau website airlines apa aja yang suka kasih promo, nih cekidot yah.

1. Air Asia

Source : AirAsia


Sebagai perusahaan low cost carrier dari Malaysia, AA helpfull banget buat mewujudkan mimpi-mimpi kami para rakyat jelata untuk bisa ke luar negeri. Booo, dulu hanya orang kaya lah yang bisa ke luar negeri. Secara harus bayar fiskal, tiket pesawat yang mahal, belum lagi hotel dll. Tapi, sekarang, sesuai tagline nya Air Asia – Everyone can fly, semua bisa keluar negeri.

Jadi, pantengin aja tuh website AA, follow twitter AA, dan like fanpage AA untuk tahu ada promo apa aja di AA. Rutenya juga lebih luas lho. Mulai dari ASEAN, ASIA, Australia dan New Zealand. Jadi tinggal pilih mau ke mana.

Ada hal-hal yang harus diketahui untuk low cost carrier yah.
 Jangan kaget yah kalau di AA tidak dikasih meal selama perjalanan. Namanya juga low cost carrier, yang elo bayar yaa itu yang elo pakai. Jadi kalo berasa laper yaa beli lagi di dalam ato pesen saat beli tiketnya, biasanya lebih murah.

Tidak termasuk bagasi.
Jadi di AA itu yang free hanyalah bawaan kabin sebesar 7kgs saja. Itu berlaku untuk 1 tas tangan dan 1 koper ukuran kecil atau tas gemblong gitu. Jadi kalo berasa bawaanya bakal banyak yaa beli bagasi lagi. 
So, setiap pembelian kalian itu menentukan harga tiket yang kalian beli nantinya. Kalo mau hemat yaa bagasi dan makan dipangkas aja.

2. Tiger Air

Source : Tigerair


Ini juga low cost carrier milik Singapore. Sama seperti AA. Rutenya juga banyak kok. Bahkan sampai ke Yunani. Wiihh, sama nih yang mo ke Santorini, boleh pake Tiger Air. Tiger Air suka kasih promo tiap hari Kamis lho, jadi pantengin aja website, timeline dan FB mereka.
Modelannya yaa sama seperti AA, you paid what you need. 

3. JetStar

Source : Jetstar


Low cost carrier milik Qantas Australia ini juga ngga boleh dilewatin penawarannya. Sama seperti dua di atas, you paid what you need. Rutenya Asean, ASIA, Australia dan New Zealand.

4. Non Low Cost Carrier

Nah, untuk yang NON Low Cost Carrier, seperti Garuda, SQ, MH dll kadang mereka suka kasih promo juga lho. Jadi jangan heran kadang-kadang tiket mereka lebih valueable dibanding low cost carrier yang ada.

Jadi begini, misalnya untuk tiket AA ke Seoul ratenya sekitar 4jtan PP, tapi itu belum termasuk makan dan bagasi. Sementara NON Low Cost Carrier kasih rate promo ke Seoul sekitar 5jt PP dan itu udah termasuk free bagasi 20kgs dan meal di pesawat. So bakal pilih mana? Kalau saya bakal pilih NON Low Cost Carrier karna kalau pilih low cost carrier harga bagasi untuk sekali trip itu bisa 300rb per 15kgs sendiri untuk jarak terdekat  untuk pergi saja dan itu belum termasuk bagasi untuk trip yang lain.

Contoh.
Low Cost Carrier JKT – SEOUL ( transit di KL )
Bagasi 15 kgs = Sekitar 300bran dari JKT – KL Transit
                          = Sekitar 500rban dari KL – Seoul

Dan ini belum termasuk pulangnya lho.

5. Skyscanner.co.id

Source : Skyscanner


Situs pembanding rate pesawat nih baik via travel agent atau langsung dari carriernya. Ini berguna banget lho kadang-kadang rate di website carrier suka lebih mahal dibanding di skyscanner.


Hotel

Banyak banget situs yang menyediakan tempat menginap murah di luar negeri dengan harga promo mereka ketimbang booking ke website hotel tsb.
Apa saja nih websitenya :

1. Booking.com

Source :Booking.com

Yang enak dari situs ini adalah kita bisa bayar ketika kita sudah sampai di hotel tsb. Jadi saat booking kita hanya perlu memberitahukan no kartu kredit kita sebagai jaminannya. Dan saat pertama booking kita nggak akan dikenai biaya apa-apa lho. Trus bebas cancel min. 1-2 hari sebelum kedatangan. So, bisa nabung dulu dan amaannn..


2. Agoda

Source : Agoda


Kalau ini modelannya yaa elo booking yaa elo langsung bayar pake kartu kredit elo di hari yang sama saat kita booking ke situs tsb. Dan ada cancelation fee nya

3. AirAsiaGo.

Source : Airasiago


Ini sama juga kayak Agoda jadi yaa booking terus langsung bayar.


4. Airbnb

Source : Airbnb


Ini situs khusus kalo mau merasakan ala warga lokal.
Yup, kita bookingnya pada pemilik properti tsb. Rata-rata sih AirBnb menyediakan properti apartemen gitu langsung ke pemiliknya. Tidak ada breakfast yah, dan harus bersih-bersih sendiri.  Biasanya Airbnb ini lebih cocok buat rame-rame dengan teman segeng yang lebih dari 3 orang. Kan pete-petenya lebih enak hihi. Dan bagi yang pengen hidup ala lokal yaa ini cocok.

Trus dari ke 4 situs tsb mana yang lebih oke?
Kadang-kadang dari poin 1-3 ada hotel hotel yang kerja suka nggak lengkap. Ada di situs A tapi nggak ada di situs B. Jadi, cek semuanya gapapa kok buat bahan komparisasi rate gitu. Kalau saya sih lebih suka Booking.com sih heheh.

So, gimana cukup jelas kah?
Oia, kalau ada option lain, monggo diinfokan di kolom komentar..
Happy hunting tiket murah semuanya !! ^^

You Might Also Like

0 comments

Followers

Popular Posts

The House of Full of Story

Selamat datang di rumah saya yang penuh dengan cerita tentang perjalanan, buku, pemikiran, dan apa pun yang mungkin saja akan saya tuangkan.

Jangan lupa untuk share cerita kalian di kolom komentar yah supaya bisa menjadi inspiriasi baru buat saya dan teman-teman lainnya.

=========================================

Welcome to my house that full of joy of story about traveling, book, random thought and anything that i will share in this blog.


Dont forget to share anything in comment section so it become new insight for me and other readers.


Contact me : Vindri.prachmitasari@gmail.com

Phone : +62-85218846138

Member of

Blogger Perempuan
ID Corners

Subscribe