.

[ Edisi Kota Palu ] – Berkunjung ke Kampung Halaman

3:00:00 PM

Tanggal 5-8 Mei 2017, saya dan keluarga berkunjung ke Kota  Palu untuk menghadiri pesta pernikahan adik sepupu saya.  Berkunjung ke kampung halaman sebenarnya belum ada dalam agenda saya untuk perjalanan saya berikutnya. Kenapa? Karna orang tua dan adik-adik saya semua sudah pindah ke Jakarta bersama saya. Jadi, tidak ada alasan untuk pulang kampung.

Jujur, sebelumnya ada beberapa alasan yang membuat saya maju mundur pulang kampung, karna the last time  i visited Palu, they were still look like the same. Nothing changed. Saya sudah meninggalkan Kota Palu ke Jakarta untuk merantau mencari pendidikan dan bekerja sejak tahun 2004, setelah tamat SMU. Jiaaahh, ketahuan deh umur saya berapa sekarang? Hahaha.

Teluk Palu dilihat dari ketinggian.
Kumpulan awan di Kota Palu yang menyerupai gulali.



Dan setelah didesak keluarga di Jakarta, akhirnya saya mengiyakan untuk ikut ke Palu. Dan kebetulan saya belum pernah berkunjung ke kampung halaman selama 7 tahun, terhitung sejak tahun terakhir pulang kampung di tahun 2010, jadi tidak bisa ditolak lagi. Lagipula,saya penasaran apakah Kota Palu masih sama seperti terakhir kali saya tinggalkan atau sudah banyak perubahan. Jujur, Kota Palu untuk lumayan tertinggal infrastrukturnya. Mall aja baru ada 2 tahun yang lalu begitu juga dengan XXI-nya. See? Bukan merendahkan, tapi memang kenyataannya seperti itu, gimana dong?

Tapi, ternyata Kota Palu still look like the same but has changed also. Karna saat ini sepertinya Kota Palu sedang membangun. Karna banyak ditemukan tempat-tempat wisata serta area yang wajib dikunjungi di Kota Palu.

Kenapa? Karna beberapa tempat yang saya lewati selama di Kota Palu, sudah banyak perubahan. Seperti, adanya Transmart Carefour di lokasi yang dulu adalah tanah kosong/bangunan tidak berpenghuni ketika saya masih tinggal di sana, adanya Mall di dekat pantai, adanya Anjungan di Pantai Talise yang dulunya tempat berjualan kali lima, dan makin menjamurnya kafe-kafe kecil tempat anak muda Kota Palu berkumpul.

Jadi, kembali ke Kota Palu sama dengan mengenang masa lalu dengan suasananya yang sudah berbeda.

Jadi ada beberapa lokasi yang wajib dikunjungi selama di Kota Palu, mostly everything about the sea. Yaa, karna Kota Palu adalah kota teluk dan kota lembah sehingga akses ke hangout di pantai dan melihat gunung gampang banget. Bahkan udah jadi makanan sehari-hari.

Here we go :

Citraland Waterfront City Palu

Ini adalah lokasi perumahan mewah yang terletak di depan pantai teluk Palu. Konon katanya, Pasha Ungu juga tinggal di perumahan mewah ini. Nggak heran ini merupakan perumahan mewah, lah wong pengembangnya aja Ciputra Grup.  Kenapa saya harus bilang wajib dikunjungi, karna ketika sore menjelang, kafe-kafe di sini menyajikan kuliner yang cukup khas sambil menikmati sunset yang kece serta pemandangan gunung dan laut .

Bianglala di lokasinya - masih dalam proses penyelesaian
Salah satu kafe nge-hits di Citraland Waterfront Palu

Deretan kafe nge-hits di Citraland Waterfront Palu


Salah satunya adalah Pisang Goreng dengan sambel yang khas dan Bakso Kuah Kaledo. Oke, Bakso emang umum yah, di mana-mana pasti ada, tapi kalo pake Kuah Kaledo? Udah pernah nemuin belum? Ngomong-ngomong, Kaledo adalah makanan khas Kota Palu yang terdiri dari tulang iga sapi dan kuah yang asam dan pedas, bikin seger. Nggak heran kalo kuah khas ini dipakai di Bakso. Beneran, ini enak banget. Bahkan saya aja makannya sampai keringatan. Pedasnya itu lho, bikin seger. Secara yah, sambelnya itu adalah sambel beneran yang nggak kebanyakan air seperti di Jakarta. Dan cabenya itu pedasnya nggak main-main.

Lalu, bagaimana dengan Pisang Goreng? Pisang Goreng di sini di makan dengan sambel lho. Hah? Masa sih? Beneran! Di Kota Palu, segala gorengan ; Pisang Goreng, Ubi Goreng, Singkong Goreng, itu makannya pakai sambel cocolan. Dan sambelnya itu beda lho. Enak banget. Jadi, jangan heran yah kalo ngeliat orang makan Pisang Goreng sama sambel, emang itu temennya kok.

Pernah saya dikritik oleh teman saya ketika makan Pisang Goreng pakai sambel atau saus ketika di Jakarta. Kata mereka ‘ masa makan Pisang Goreng pakai sambel sih?’ dan saya berkata, “ lah, di Palu makannya emang begini.” Lalu mereka cobain dan mereka langsung sukakk! Hahah.

Anjungan Nusantara

Sumber : InfoSulteng.com


Terletak di pusat Kota Palu dan di Pantai Talise, lokasi ini sering banget ramai pas sore. Karna banyak komunitas-komunitas yang suka ngumpul di sini. Apalagi pemandangan laut dan gunung serta sunsetnya juga keceh lho. Oia, minggir dikit banyak warung makannya lho. Jadi, bisa kuliner-an sambil menikmati matahari terbenam. Ketjeh kan? Sayang banget nggak bisa mampir jadi nggak bsia foto hiks.

Masjid Terapung.

Sumber :TelukPalu.Com 

Nah lokasinya nggak jauh dari Anjungan Nusantara. Lokasi ini iconic banget karna lokais masjid yang berada di atas laut. Emang sih, masjidnya nggak begitu gede, tapi untuk urusan lokasi yang okeh buat instagram, Masjid Terapung ini okeh banget lho. Sayang banget kemarin pas ke Palu cuma bisa lewat aja tanpa bisa mampir. Jadi nggak bisa foto deh

Taipa Beach.

Lokasinya sedikit jauh dari pusat Kota Palu, tapi masih di area Kota Palu kok, lokasi di daerah Taipa.  Hanya 1 jam perjalanan dari pusat kota. Cukup bayar 10rb rupiah per kepala untuk pengendara mobil dan itu sudah termasuk parkirnya. Muraaahhhhhh!!  Dan untuk penyewaan gazebo range nya 50rb – 300rb sepuasnya nggak pake jam-jam-an hihi.

Pantainya bersih dan aman untuk berenang ato yang nggak bisa berenang. Karna tinggi airnya Cuma sedada orang dewasa. Jadi nggak perlu khawatir. Pemandangannya juga ketjeh lho secara terletak di teluk Palu jadinya laut dan gunung jadi primadona.

Bibir pantai Taipa
Gaya batu bagi yang tidak bisa berenang.


Sebenarnya masih banyak tempat wisata di Kota Palu yang wajib dikunjungi, tapi saya hanya merangkum sesuai waktu trip saya sebelumnya.  Oia, kalo ke Palu, jangan lupa pakai sunblock / sunscreen dengan SPF 50 +++. Palu itu panassssss....


XoXo
Kiss & Hug
Vindri Prachmitasari

You Might Also Like

0 comments

Followers

Popular Posts

The House of Full of Story

Selamat datang di rumah saya yang penuh dengan cerita tentang perjalanan, buku, pemikiran, dan apa pun yang mungkin saja akan saya tuangkan.

Jangan lupa untuk share cerita kalian di kolom komentar yah supaya bisa menjadi inspiriasi baru buat saya dan teman-teman lainnya.

=========================================

Welcome to my house that full of joy of story about traveling, book, random thought and anything that i will share in this blog.


Dont forget to share anything in comment section so it become new insight for me and other readers.


Contact me : Vindri.prachmitasari@gmail.com

Phone : +62-85218846138

Member of

Blogger Perempuan
ID Corners

Subscribe