.

[ Tips ] - Pertama Kali ke Malaysia? Wisata Apa yang Harus Saya Kunjungi Pertama Kali?

11:03:00 PM

Bagi seseorang yang baru memiliki passport, jalan-jalan ke luar negeri untuk pertama kali adalah sebuah keharusan. Kenapa? Sama seperti pedagang yang baru membuka toko di pagi hari, mendapatkan penglaris adalah sebuah kewajiban. Karna itu akan membukan jalan ke berikutnya. Begitu juga dengan jalan-jalan, ketika sudah pernah melakukan perjalanan ke luar negeri untuk pertama kali, maka kesempatan untuk perjalanan ke negeri satu dan lainnya pasti akan terbuka lebar.

Nah, biasanya bagi pemegang passport baru, negera terdekat adalah tujuan utama. Karna masih ingin melakukan test pasar dulu - istilahnya. Negera yang tidak jauh beda budayanya dengan Indonesia, bahasanya, orang-orangnya, sebut saja Malaysia atau Singapore. Di tips berikut ini saya akan infokan details wisata apa yang wajib dikunjungi saat pertama kali ke Malaysia.





Batu Caves




Terletak di Gombak, distrik Selangor, Kuala Lumpur, Batu Caves bisa ditempuh dengan menggunakan commuter line KTM dan berada di stasiun terakhir. Batu Caves adalah bukit kapur yang memiliki sebuah gua besar yang di dalamnya terdapat sebuah kuil umat Hindu. Untuk bisa memasuki gua tersebut, ada 272 anak tangga yang harus dilalui. Lumayan melelahkan sih, tapi cukup patut dicoba, karna kuil di dalam gua tersebut bagus banget.



Menara Kembar Petronas




Terletak di pusat kota Kuala Lumpur, Menara Kembar Petronas pernah menjadi menara tertinggi di dunia di tahun 1998-2004 menurut Wikipedia sebelum akhirnya dilampaui oleh Burj Khalifa di Dubai dan Menara 101 di Taipeh - Taiwan. Dengan jumlah lantai sebanyak 88 lantai dengan 5 lantai di bawah nya, membuat Menara Kembar Petronas tertalu sulit untuk dilihat secara keseluruhan jika dari jarak dekat dengan bangunannya. Untuk mencapai ke Menara Kembar Petronas, cukup menggunakan LRT Kelana Jaya lalu turun di stasiun KLCC. Selain menawarkan bangunan yang sangat tinggi, Menara Kembar Petronas juga menawarkan taman bagus di bagian belakang menara. Di taman tersebut juga menawarkan kolam yang ada dancing fountain-nya. Lalu, yang masih sulit move-on dengan kehidupan Mall, tenang. Karna menara ini terintegrasi dengan KL Suria Mall, jadi keinginan untuk main di mall seperti di Jakarta, masih bisa dilakukan. Untuk bisa memasuki Menara Kembar Petronas, sebenarnya gratis jika hanya ingin foto-foto saja dengan background menara tersebut begitu juga dengan tamannya. Tapi, jika ingin memasuki area observasi nya di lantai atas, maka harus membayar beberapa ringgit.


Genting High Land




Cuaca Kuala Lumpur kurang lebih sama seperti cuaca di Jakarta. Panas. Namanya juga tinggal di Asia Tenggara yang intensitas mataharinya lebih banyak dibanding negara Asia lainnya. Nah, bagi yang ingin adem-adem, Genting High Land adalah pilihan terbaik. Selain lokasinya tidak begitu jauh dari Kuala Lumpur, Genting High Land juga menawarkan wisata unik yang jarang dilihat. Cukup menggunakan bus Go Genting yang bisa ditemukan di bawah Mall Nu Sentral, kita sudah bisa langsung mencapai kawasan Genting lho. Harga yg ditawarkan cukup murah untuk bus + cable car pp RM 25.

Sebenarnya ada apa sih di Genting High Land itu? Selain menawarkan pemandangan dari gunung tinggi, di Genting juga menawarkan kasino bagi penggemar judi. Yaa, mirip-mirip Las Vegas. Selain itu, disini juga bisa menikmati Pagoda yang cantik banget. Cukup menaiki bus gratis yang disediakan oleh hotel First World, kita sudah bisa berpertualang di Genting High Land.


Central Market



Ke luar negeri memang tidak akan pernah cukup tanpa berbelanja. Central Market yang berdiri sejak tahun 1888, cukup lengkap menjual sovenir khas Malaysia. Mulai dari gantungan kunci, fashion, kuliner sampai makanan ringan yang harus dicoba. Pilihannya di sini cukup banyak, serta harga yang ditawarkan juga cukup murah. Malah beberapa pedagang masih bisa dimintai diskon lho dari harga yang tertera di barang hihi. Untuk sampai ke sana mudah sekali. cukup menaiki LRT Kelana Jaya dari KL Sentral ke stasiun Pasar Seni dan melanjutkan perjalanan 3 menit untuk sampai di Pasar Seni / Central Market.


Dataran Merdeka






Bagi pecinta wisata bangunan bersejarah, area Dataran Merdeka tidak boleh dilewatkan. Di area ini menawarkan bangunan megah khas Eropa. Salah satu contohnya adalah bangunan Sultan Abdul Samad. Bangunan ini yang paling mencolok di Dataran Merdeka ini. Selain bangunan bersejarah, di sekitar Dataran Merdeka juga menawarkan National History Museum dan tidak jauh dari museum tsb, terdapat galeri seni yang di sampingnya terdapat tulisan I LOVE KL.



Untuk ke Dataran Merdeka cukup mudah, cukup turun distasiun Masjid Jamek dengan menggunakan LRT Kelana Jaya,belok ke arah kiri setelah pintu kelar stasiun dan ikutin jalan lurus dan setelah bertemu dengan perempatan, Dataran Merdeka ada di seberang jalan.


So, sudah siapkah untuk memulai eksplorasi ke Kuala Lumpur untuk pertama kali?


XoXo

Vindri Prachmitasari

Twitter                  : @veenzy
Facebook              : www.facebook.com/vindri.p
Instagram              : @veendoorie

You Might Also Like

0 comments

Followers

Popular Posts

The House of Full of Story

Selamat datang di rumah saya yang penuh dengan cerita tentang perjalanan, buku, pemikiran, dan apa pun yang mungkin saja akan saya tuangkan.

Jangan lupa untuk share cerita kalian di kolom komentar yah supaya bisa menjadi inspiriasi baru buat saya dan teman-teman lainnya.

=========================================

Welcome to my house that full of joy of story about traveling, book, random thought and anything that i will share in this blog.


Dont forget to share anything in comment section so it become new insight for me and other readers.


Contact me : Vindri.prachmitasari@gmail.com

Phone : +62-85218846138

Member of

Blogger Perempuan
ID Corners

Subscribe