.

[ Tips ] - Tips Persiapan Short Escape Traveling ke Luar Negeri.

9:48:00 PM





Kadang, banyak orang berpikir bahwa untuk traveling ke luar negeri itu butuh waktu yang cukup lama, sehingga bagi para pekerja seperti saya, mengajukan cuti adalah hal yang wajib dilakukan. Namun, bagaimana jika jatah cuti menipis dan berencana untuk digunakan dikesempatan lain, atau cuti yang sudah diajukan tidak di-approved oleh atasan? Apakah artinya liburan harus batal? Padahal isi otak udah penat sekali minta diistirahatkan sejenak.

Jangan sedih dulu. Karna bukankah masih ada hari Sabtu dan Minggu yang bisa digunakan untuk traveling? Tunggu, emangnya cukup waktu segitu untuk traveling ke luar negeri? Bagi saya yang pernah melakukan short escape traveling, tentu waktu segitu cukup kok untuk bisa mengunjungi hampir semua wisata di kota dan negera itu.

Nah, karna ini adalah short escape maka persiapan apa saja sih yang harus disiapkan? Secara kan hanya ada jatah 2 hari dan 2 malam sebelum akhirnya kembali ke rutinitas kerja di hari Senin. Berikut ini saya bagi-bagi tips ala saya untuk memudahkan rencana short escape traveling.



Pilih Tiket Murah dan Waktu Keberangkatan



Tiket murah adalah hal utama untuk budget traveler seperti saya. Karna memungkinkan untuk dana lainnya dipakai untuk biaya hidup selama di negeri orang. Selain itu ada hal yang penting juga yang harus diperhatikan, yaitu waktu keberangkatan. Karna tidak bisa cuti atau memangkas jatah cuti yang sudah menipis maka salah satu jalannya adalah mencari waktu keberangkatan yang paling malam. Artinya kita masih tetap bekerja di waktu kerja normal tanpa harus kepikiran untuk meminta izin lagi ke atasan untuk pulang lebih cepat. Lagipula, pertimbangan jalanan yang akan macet di jalan saat jam pulang kantor memungkinkan kita untuk bisa tetap tenang tanpa harus khawatir akan ditinggal oleh pesawat. Biasanya maskapai low cost seperti Air Asia dan Jetstar memiliki jadwal terbang paling malam lho. Contoh saja saat saya ke Singapore selama 2 hari dan 2 malam, saya memilih waktu keberangkatan jam 21.35 dan tiba dilebih cepat di bandara.



Pilih Lokasi Tempat Menginap







Lokasi strategis itu menentukan posisi. Sama kayak nyontek, posisi menentukan prestasi.
Maka memilih lokasi hotel yang dekat dengan transportasi umum dan tempat wisata adalah hal yang membuat tercapainya semua tempat wisata yang sudah direncanakan sebelumnya. Karna mau pindah ke lokasi wisata satu dengan yang lain jadi lebih mudah.



Membuat Rencana Perjalanan



Ketika berpergian, membuat rencana perjalanan adalah hal wajib buat saya. Karna di samping bisa digunakan untuk mengingat wisata apa saja yang akan dikunjungi, juga berguna untuk menentukan arah dan lokasi jika saya tidak mau bergantung dengan internet di luar negeri. Selain itu, rencana perjalanan juga memudahkan lho untuk menentukan wisata wajib apa saja yang akan dikunjungi selama short escape traveling tsb, sehingga hampir semua wisata yang ada di negera yang kita kunjungi bisa didatangi. Walaupun tidak semua rencana perjalanan yang sudah saya buat bisa terpenuhi semua. Oia, jangan lupa, karna ini short escape maka, harus ada jeda istirahat juga yah agar tidak terlalu lelah mengunjungi semua tempat wisata.


Mempersiapkan Bawaan yang Ringkas

ini tas saya dan tas beberapa teman saya


Mulai memperhitungkan bawaan apa saja yang akan dibawa dan dirasa cukup untuk perjalanan singkat 2 hari dan 2 malam. 2-3 baju untuk jalan-jalan, 1 baju untuk tidur dan 1 celana jins dan pakaian dalam lainnya sudah bisa mengakomodir perjalan singkat tersebut. Dan bagi para wanita yang ingin tetap terjaga kesehatan kulitnya, mungkin bisa membawa sample skin care atau perawatan wajah dalam bentuk mini. Banyak kok dijual di toserba, jadi memudahkan untuk tetap ringkas dan cantik dalam waktu bersamaan. Lalu, untuk tasnya sendiri? Bisa kok disesuaikan. Saya biasanya untuk short escape menggunakan tas ransel, sehingga semuanya bisa masuk di dalam tas itu dan tas tangan/tas kamera untuk memuat uang, kamera dan passport saya.


Jangan Tunda Pekerjaan Kantor


Pekerjaan kantor memang tidak ada habisnya. Dikerjaan penuh di hari ini, bukannya berkurang tapi nambah dengan kerjaan baru di esok harinya. Tapi, namanya rakyat jelata maka mau tidak mau hal itu harus tetap dilakukan, demi mengumpulkan pundi-pundi yang tidak tahu kapan akan penuh. Maka, mulailah untuk menyelesaikan pekerjaan setiap harinya, jangan pernah ditunda, karna akan berimbas pada waktu pulang kerja kita yang akan berpengaruh pada cepat tidaknya kita sampai di bandara. Demi mengejar keberangkatan pesawat yang bisa-bisa saja ada perubahan jadwal secara tiba-tiba, daripada menyesal dikemudian hari, lebih baik menyelesaikan kerjaan segera. Apalagi kalau tiba-tiba Pak Bos atau Bu Bos meminta pekerjaan segera dikumpulkan lebih cepat dari target yang dikasih. Bisa ambyar perjalan menghilangkan penat.


Melakukan persiapan sebelum melakukan perjalanan liburan memang harus dilakukan, demi tercapainya ketenangan batin yang diidam-idamkan bukan? Jadi, sudah siapkan untuk melakukan liburan singkat di negera orang? Yukk aahh cusss.. jangan kerja mulu..!



XoXo
Kiss and Hug
Vindri Prachmitasari


Twitter                            : @veenzy
Instagram                       : Veendoorie
Facebook                       : https://web.facebook.com/Vindri.P


You Might Also Like

2 comments

  1. Segala sesuatu memang harus di persiapkan diawal biar kita gak tergesa-gesa pas hari H, atau istilah jawanya kesusu. Wkwkwk.

    ReplyDelete

Followers

Popular Posts

The House of Full of Story

Selamat datang di rumah saya yang penuh dengan cerita tentang perjalanan, buku, pemikiran, dan apa pun yang mungkin saja akan saya tuangkan.

Jangan lupa untuk share cerita kalian di kolom komentar yah supaya bisa menjadi inspiriasi baru buat saya dan teman-teman lainnya.

=========================================

Welcome to my house that full of joy of story about traveling, book, random thought and anything that i will share in this blog.


Dont forget to share anything in comment section so it become new insight for me and other readers.


Contact me : Vindri.prachmitasari@gmail.com

Phone : +62-85218846138

Member of

Blogger Perempuan
ID Corners

Subscribe