.

[ Explore Jakarta ] - Jakarta Rasa Amsterdam

8:11:00 PM

Salah satu cita-cita saya adalah bisa traveling ke Amsterdam - Belanda. Kenapa? Karna selain mengujungi nenek buyut saya ( mungkin..kalau boleh ngarep) sekalian menikmati pemandangan kota yang aduhai banget. Saya termasuk salah satu yang kalau traveling kudu dan wajib mengujungi tempat-tempat bersejarah di suatu kota. Karna dari tempat itu saya sepertinya bisa kembali ke masa kejayaan bangunan tua itu dan sedikit merasakan suasana di masanya, walaupun lebih banyak creepy-nya sih hahah.




Dan berhubung keuangan belum memungkinkan untuk ke Amsterdan dan negera-negera Eropa lainnya, maka tidak salahnya menikmati yang ada dulu di kota sendiri, yaitu kota tercinta kita - Jakarta.

Emangnya ada yang bisa dinikmati di Jakarta selain kemacetan luar biasa, polusi dan hal-hal buruk lainnya? Et..tunggu dulu! Jangan underestimate dulu sama kota Jakarta, gini-gini Jakarta sedang berbenah lho.

Cobalah mengunjungi Kota Tua Jakarta, selain banyaknya museum di sekitar Kota Tua yang wajib dikunjungi untuk menambah pengetahuan mengenai asal muasal kota Jakarta, ada hal baru yang menarik perhatian saya waktu untuk. Yaitu wisata Kali Besar yang katanya mirip beberapa bagian dari Kali Besar mirip dengan Cheonggyecheon Streem di Seoul - Korea Selatan. Tanpa pikir panjang lagi, maka saya melipir ke sana.



Lokasinya cukup mudah untuk ditemukan, karna berada tepat di seberang jalan dari bangunan Toko Merah yang selalu jadi objek foto OOTD para fashion blogger atau beberapa model para fotografer. Dan tepat di tengahnya, Kali Besar sudah menanti.

Ternyata cukup banyak juga orang yang mengunjungi Kali Besar. Walaupun pengunjung belum boleh untuk turun ke bawah seperti di Chenggyecheon Streem di Seoul, tapi pemandangannya sudah lumayan oke kok untuk sekedar berfoto narsis. Walaupun kadang masih ada yang bikin kesal. Masih ada orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk membuang sampah mereka sendiri ke tempat sampah malah buang sampah sembarangan di sekitar bangku yang tersedia bahkan beberapa sampah terlihat di kali tersebut lho. Kan kesel jadinya.






Tapi teteup yah, zaman keemasan Batavia masih tetap terlihat cantik sampai sekarang. Buktinya, kalau dilihat-lihat Kali Besar seperti berada di kanal-kanal di Amsterdam lho. Bangunan benar-benar mirip dengan bangunan yang ada di Amsterdam. Dari segi atapnya, banyaknya jendela, gerbang pintu yang cukup besar. Ya iyalah, wong negera yang ngebangun sama kok heheh. Tinggal tambah kesadaran orang aja buat selalu membuang sampah pada tempat yang telah ditentukan, jika tidak nemu tempat sampah, yaa di simpan dulu di tas pas ketemu tempat sampah baru deh dibuang.


Oia, di tengah-tengah jembatan tersebut terdapa semacam alun-alun yang bisa digunakan untuk beberapa acara atau sekedar duduk-duduk cantik sambil menikmati matahari dan angin sore yang cukup bikin berpikir, “seriusan ini di Jakarta?”




Walaupun memang tidak seteratur Amsterdam,tapi kota Jakarta selalu bisa menampilkan sisi cantiknya kepada orang-orang yang dikehendakinya. Jadi, jangan selalu membenci Jakarta, gini-gini Jakarta bisa terlihat cantik kok dengan caranya sendiri. Karna Jakarta saat ini sedang berbenah, jadi kasih kesempatan dong buat Jakarta untuk selalu terlihat cantik di mata kita.



Jadi, Kali Besar kali ini lebih mirip kanal di Amsterdam ketimbang di Cheonggyecheon Stream di Seoul. Jakarta rasa Amsterdam ini mah!

You Might Also Like

8 comments

  1. Kota Tuanya Jakarta ternyata sebagus itu yaa mbak. Jadi pengen bisa mengunjungi deh.
    Saat ini kota tuanya Semarang juga lagi dibenahi habis-habisan. Semoga bisa jadi sekeren itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. iya.. sekarang Kota Tua Jakarta sedang berbenah, jadinya sudah bagus..Yukk..ah main ke Kota Tua..

      Oh ya? Wahh.. jadi pengen ke Semarang deh jadinya.. semoga aku bisa segera ke Semarang yah..

      Delete
  2. wah, kali jakarta sekarang udah cantik ya...
    semoga segera didukung dengan kesadaran masyarakatnya untuk bersama menjaga kebersihan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar.. Masyarakat juga harusnya mulai sadar untuk tetap menjaga kebersihan jika ingin Jakarta tetap terlihat cantik :)

      Delete
  3. Dari lapangan besar itu ke arah mana ya?
    Tapi sepertinya hanya bagus untuk foto2 aja ya, hihi

    ReplyDelete
  4. Dari alun alun Fatahilla ambil jalan kecil searah museum wayang.. Trus belok kanan aja dr situ udh keliatan kali besarnya

    ReplyDelete
  5. what??!!! kok lucu bgt ya instagramable banget tempatnya. Sumpah baru tau loh aku ada spot kayak gini di jakarta.

    ReplyDelete

Followers

Popular Posts

The House of Full of Story

Selamat datang di rumah saya yang penuh dengan cerita tentang perjalanan, buku, pemikiran, dan apa pun yang mungkin saja akan saya tuangkan.

Jangan lupa untuk share cerita kalian di kolom komentar yah supaya bisa menjadi inspiriasi baru buat saya dan teman-teman lainnya.

=========================================

Welcome to my house that full of joy of story about traveling, book, random thought and anything that i will share in this blog.


Dont forget to share anything in comment section so it become new insight for me and other readers.


Contact me : Vindri.prachmitasari@gmail.com

Phone : +62-85218846138

Member of

Blogger Perempuan
ID Corners

Subscribe