.

[ Edisi Semarang ] - Semarang Contemporary Art Galery, Rekreasi Seni yang Instagram-able Banget.

6:51:00 PM




Dijuluki sebagai Little Netherland, Kawasan Kota Lama memiliki pesonanya sendiri. Tidak melulu tentang bangunan tua yang sepanjang mata memandang selalu terlihat cantik dan menarik minat bagi penggemar bangunan tua. Tapi juga tentang salah satu tempat yang langsung menarik perhatian saya ketika memutuskan untuk ke Semarang. Menjelajah Kota Semarang, tidak melulu soal makanan yang enak-enak ( tapi memang enak banget sih makanannya), wisata bangunan tua ataupun bangunan bersejarahnya. Tapi, Semarang juga menawarkan wisata bagi pecinta karya seni lukis dan rupa lho.



Semarang Contemporary Art Galery memang sudah masuk ke dalam rencana perjalanan saya selama di Semarang. Saya memang tidak begitu mengerti soal karya seni lukis, tapi tetap saja mengunjungi sebuah galeri di sebuah kota adalah hal yang wajib dilakukan. Berlokasi di Kawasan Kota Lama Semarang dan hanya berjarak 100 meter dari Taman Srigunting, Semarang Contemporary Art Galery menawarkan rekreasi seni yang menarik. Tidak hanya dari segi karya seni lukis dan rupa, tapi bagi yang ingin tetap eksis di media sosial, galeri ini cocok banget untuk memperbarui isi dari galeri instagram kan?!




Banyak karya-karya seni yang ditampilkan di sini, tidak hanya seni lukis, foto gedung galeri sebelum pemugaran dan beberapa seni rupa yang unik juga ditampilkan di sini. Tidak hanya itu saja, interior dari penempatan beberapa karya seni ini juga bagus banget. Hingga bikin betah berlama-lama di dalam galeri.





Jika mengutip informasi dari buku panduannya, Semarang Contemporary Art Galery didirikan ditahun 2001 oleh Chris Darmawan yang seorang kolektor dan filantropi seni yang bertujuan menjadikan galeri sebagai wadah memperkenalkan karya-karya seniman kontemporer Asia, khususnya perupa-perupa Indonesia. Awalnya Semarang Contemporary Art Galery tidak berlokasi di Jalan Taman Srigunting melainkan di tempat lain. Namun, semenjak 2008, pindah ke Kawasan Kota Lama yang merupakan area dengan arsitektur gedung kolonial Belanda, yang sangat cocok bagi perkembangan pariwisatata di Kota Semarang.



Sejarah bangunan Semarang Contemporary Art Galery di dalam buku panduannya, gedung dahulu adalah sebuah tempat tinggal dua lantai milik Pastur L. Prinsen dan tempat beribadah. Saat itu di tahun 1822. Lalu, bangunan ini diruntuhkan dan dibangun kembali menjadi gedung baru pada tahun 1918. Menurutu informasi, gaya arsitektur yang digunakan sedikit terpengaruh oleh gaya Spanish Colonial dan tidak memiliki halaman. Dan ketika tahun 1933, gedung ini dijadikan sebagai gedung kantor perusahaan asuransi pertama di Indonesia ” De Indische Lloyd” milik Oei Tiong Ham seorang konglomerat di Semarang pada saat itu. Setelah berberapakali di isi oleh perusahaan lokal lainnya akhirnya di tahun 2007, Chris Darmawan melakukan konservasi dan digunakan sebagai Semarang Contemporary Art Galery di tahun 2008.



Ngomongin soal intertiornya, Semarang Contemporary Art Galery ini nyaman banget. Penataan dan tata letak setiap karya seni dan rupanya bikin nggak henti-hentinya ingin foto-foto karna memang setiap sudutnya begitu menarik. Nggak cuma di lantai satu saja yang memiliki karya seni yang menarik, di lantai dua juga banyak karya seni yang bisa dinikmati. Mata benar-benar dimanjakan deh.



Oh iya, coba ke bagian belakang galeri-nya. Karna di bagian belakang tersebut terdapat dinding yang penuh dengan gambar mural. Informasi dari Bapak Security-nya, kalau konsep mural tersebut seperti Perjamuan Kudus namun dalam versi tokoh-tokoh Marvel.






Untuk bisa masuk ke dalam galeri, tiket masuknya cukup murah kok. Hanya IDR 10.000 per orang saja dan udah bisa nikmatin rekreasi seni yang keren banget. Bayangkan, betapa keren imaginasi dari para kreator tersebut dalam membuat karya seni yang bagus seperti ini. Sesekali memang kita harus mencoba menyelami imaginasi para kreator tersebut dengan cara menikmatinya. Mungkin hasilnya tidak akan sama, tapi membatu menghasilkan sudut perspektif yang berbeda.

Alamat :

Jalan Taman Srigunting No0 5 - 6 Semarang 50174

HTM :

IDR 10.000/Orang


See yaa..

Instagram               :@veendoorie
Twitter                    : @veenzy
Emal                       : vindri.prachmitasari@gmail.com






You Might Also Like

8 comments

  1. Wah,, pas ke Semarang Contemporary Art Gallery pas lagi acara Biennalle Jateng tuh mbak. Sebenernya ada beberapa gedung lain yg jg sedang memamerkan pameran seni dalam rangka Biennalle Jateng. Next time ke Semarang Gallery, karya seninya bakal beda lagi mbak.

    Btw, salam kenal. Aku Dini 😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. Tema pamerannya selalu beda-beda. Tapi pasti seru karna selalu baru..
      Salam kenal jg yah.. :)

      Delete
  2. Ini acaranya sampai kapan Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. Pamerannya karya seni nya pasti selalu ada, cm beda beda tema nya. Saat ke sana tema dan karya seni yg ditampilkan seperti itu. Mhkin kalo ke sana lagi, beda lagi.. :)

      Delete
  3. Waah.. ini semacam Galery Nasional ya mbak.. Seumur-umur saya masuk ke Galery baru 2 kali. Hihi.. pingin rutin ngikutin sebenarnya. Tapi kebentur waktu kerja. Huhuhu.. asyik kalo ngeliatin karya lukis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seperti galery nasional.klo jalan jalan ke Semarang sempetin ke Semarang Contemporary Art Galery yah.. Bagus kok

      Delete
  4. omigot, aku orang semarang tapi malah nggak tau ada tempat beginian. hahaha
    #bikin malu ajah nih

    ReplyDelete

Followers

Popular Posts

The House of Full of Story

Selamat datang di rumah saya yang penuh dengan cerita tentang perjalanan, buku, pemikiran, dan apa pun yang mungkin saja akan saya tuangkan.

Jangan lupa untuk share cerita kalian di kolom komentar yah supaya bisa menjadi inspiriasi baru buat saya dan teman-teman lainnya.

=========================================

Welcome to my house that full of joy of story about traveling, book, random thought and anything that i will share in this blog.


Dont forget to share anything in comment section so it become new insight for me and other readers.


Contact me : Vindri.prachmitasari@gmail.com

Phone : +62-85218846138

Member of

Blogger Perempuan
ID Corners

Subscribe