.

[Artikel ] - Tentang Cara Jenius Mengelola Keuangan Pribadi Untuk Traveling.

10:35:00 PM

Saat ini traveling sudah menjadi kebutuhan wajib bagi beberapa orang. Tuntutan kerjaan yang nggak ada abisnya yang membuat kejenuhan serta tingkat stres yang makin hari makin meningkat, serta informasi tentang lokasi wisata yang begitu mudah ditemukan membuat mau tidak mau traveling kini sudah harus masuk ke dalam daftar wajib tiap tahun yang harus dilakukan.



Namun, seringkali kebutuhan akan traveling selalu terhambat karna keuangan. Yaa, karna sulit juga untuk membagi beberapa kebutuhan yang sudah ada sejak dulu dengan tambahan kebutuhan traveling lagi. Gaji karyawan juga nggak seberapa, namun traveling juga saat ini bukan hanya untuk hura-hura saja, tapi juga sudah termasuk dalam healing process lho. Tau sendiri kan, ada istilah ’ kurang piknik’ yang berarti tingkat kejenuhan dan kestres-an orang itu mempengaruhi cara berpikir dan emosinya. Makanya selalu diminta untuk sering-sering piknik aka traveling.

Traveling tidak melulu harus ke luar negeri, ke dalam negeri juga bisa. Namun, tetap saja yang namanya traveling itu membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Memang, ada cara traveling yang lebih murah meriah, seperti backpacker. Tapi, tetap saja kan ada biaya hidup dan tiket pulang pergi yang harus disiapkan di awal perjalanan.



Lalu, apakah ada cara terbaik untuk bisa tetap traveling namun anggaran tetap stabil?
Selalu ada jalan menuju Roma, Kisanak! Entah itu via kapal, pesawat atau mungkin punya kemampuan teleportasi hahah.. Tenang, ada kok jalan yang bisa membuat semuanya terasa lebih mudah.


1. Menjadi Pejuang Tiket Promo

Namanya juga rakyat jelata yang sehari-hari bekerja di kantoran yang gajinya nggak selalu bisa dikategorikan sebagai gaji buat diri sendiri walaupun masih single. Banyak banget yang harus dipikirin ketika memutuskan untuk traveling. Yaa beberapa bagian dari gaji itu udah masuk ke dalam pos-pos yang wajib untuk dipenuhi. Seperti, bayar asuransi di luar asuransi yang disediakan kantor, bayar listrik, bayar belanja bulanan, ongkos, dan biaya-biaya lainnya.








Untuk menyiasatinya, hampir setiap hari saya selalu membuka website beberapa airlines, baik yang low cost carrier seperti Air Asia, Jet Star, Scoot ataupun premium cost carrier seperti Cathay, ANA, Garuda dll. Tujuannya adalah untuk mendapatkan info mengenai tiket promo dan diskon yang ada di airlines tersebut. Namun, kadang tidak semua orang bisa seperti saya yang tiap hari harus mengecek website maskapai kan? Makanya, saya juga mencoba berlangganan newsletter mereka, jadi saya akan selalu mendapatkan update promo via surel dari maskapai tersebut lebih awal dibandingkan kalau nggak berlangganan newsletter mereka.

Ketika tiket promo sudah di depan mata, maka saya tanpa pikir lagi saya langsung membelinya untuk penerbangan dalam beberapa bulan atau bisa setahun kemudian.


2. Memesan Hotel yang Bisa Dibayar Saat Check In.

Ketika sudah selesai memesan tiket untuk keberangkatan dalam beberapa bulan atau setahun kemudian, saya sudah mulai bisa untuk memesan kamar hotel, budget hostel, dari sekarang namun dibayarkan saat check ini nanti. Emang bisa begitu? Oh bisa dong. Ada salah satu aplikasi andalan saya ketika memesan hotel yang bisa dibayarkan saat check in nantinya. Namanya, booking.com. Seperti yang saya infokan di atas bahwa saya bisa membayar hotel saya dan mencari hotel yang memberikan diskon dan promo murah dari aplikasi ini. Dengan begitu saya masih bisa memiliki waktu untuk menyiapkan dana untuk membayar hotel tersebut sampai waktu keberangkatan saya. Jadi, pengeluaran untuk traveling masih bisa terkontrol kan?!


3. Membuat Itinerary Secara Lebih Rinci

Saya selalu menyempatkan diri jauh hari sebelum keberangkatan untuk membuat itinerary yang lebih lengkap ketika traveling. Mungkin bagi beberapa orang hal itu bikin ribet dan menyusahkan karna untuk membuat itinerary lengkap dibutuhkan waktu yang cukup lama agar semua informasi bisa terangkup secara rinci.

Tapi, bagi saya itu penting banget. Di mana dari situ saya bisa memperkirakan berapa banyak biaya hidup yang harus saya siapkan untuk traveling ke negera tersebut. Tentu saja, ini di luar dari tiket pesawat dan hotel yang sudah dipesan di awal. Seperti biaya transportasi yang mungkin bagi beberapa orang hal tersebut sepele namun tetap penting. Transportasi dari satu tempat ke tempat lain harus menjadi titik penting juga. Karna menggunakan transportasi yang murah itu akan menghemat biaya hidup di sana. Apakah bisa ditempuh dengan berjalan kaki saja, atau harus menggunakan alat transportasi. Begitu juga dengan biaya makan. Sebisa mungkin saya selalu menuliskan biaya makan beserta nama kedai ke dalam itinerary saya serta memilih menu yang masih aman di kantong.


4. Disiplin Menyisihkan Sebagian Penghasilan Untuk Traveling

Ini nih yang agak sulit. Kenapa? Karna kebutuhan wajib tiap orang tiap bulan itu beda-beda. Mungkin saat ini masih ada penghasilan yang masih bisa disisihkan untuk traveling, namun bulan depan belum tentu bisa. Makanya, saat memutuskan untuk traveling, sikap disiplin itu perlu banget.

Untuk melakukan hal itu, saya kadang biasanya memangkas biaya-biaya yang saya rasa tidak perlu. Misalnya, belanja baju, sepatu dan lain-lain. Agak aneh sih jika perempuan harus memangkas biaya itu, tapi demi traveling, saya rasa hal itu tidak terlalu butuh dipenuhi tiap bulan. Jadi, dana belanja baju bisa saya simpan untuk dana traveling.

Tapi, kadang walaupun sudah menyisihkan, godaan untuk menggunakan dana tersebut itu besar banget. Apalagi jika dirasa waktu traveling masih lama, sehingga kadang muncul niatan untuk menggunakannya sekarang. Untuk itu saya punya cara untuk menyiasati hal tersebut, yaitu dengan memasukkan dana tersebut ke dalam tabungan impian yang tidak bisa diambil via kartu debit.

Hah? Emang bisa? Ohh.. bisa, Kisanak! Ada satu tabungan yang multifungsi banget. Di mana tinggal klik aja , saya sudah bisa membuat beberapa dream saver / tabungan impian untuk rencana saya berikutnya. Penggunaannya sederhana banget. Karna cukup melakukan di aplikasinya maka semua rencana itu bisa dilakukan tanpa harus datang ke customer service bank untuk membuka tabungan rencana lainnya yang kadang membutuhkan waktu lama dari segi pendaftaran.



Keuntungannya adalah dengan satu rekening bank saja, saya sudah bisa untuk membuat beberapa tabungan lainnya, seperti dream saver yang selalu menjadi andalan saya ketika merencanakan liburan, flexi saver adalah semacam tabungan deposito namun dengan fasilitas bisa ditarik kapanpun dibutuhkan, yaa walapun sebenarnya saya tidak berniat untuk mencairkan dana tersebut.

Jujur, dengan adanya pilihan tersebut saya jadi sedikit terbantu untuk membuat rencana keuangan traveling saya. Karna di dalamnya sudah ada informasi estimasi kapan tercapainya dana traveling saya jika menabung tiap bulan, walaupun dengan nominal yang berbeda-beda. Coba bayangkan jika menggunakan tabungan jenis konvensional, godaan untuk menarik di mesin ATM itu besar sekali. Sementara, dengan tabungan ini, saya harus menguatkan hati saya dengan judul rencana yang sudah saya buat sebelumnya jika ingin mencairkannya. Apalagi mencairkannya tidak semudah itu, karna walaupun memiliki kartu debit namun harus mengembalikan dana dulu ke tabungan umum baru bisa diambil di mesin ATM. Jadi, ada langkah yang membuat saya kudu mikir banyak kali buat cairin dana tersebut.


Terus, nama tabungannya apa yang bisa sehebat itu?
Nggak sabaran yah dikau.. baeklah, karna saya ingin menyebarkan virus traveling ke semua orang, maka mari kita berkenalan dengan nama tabungan itu.






Tentang Tabungan Jenius BTPN



Tabungan Jenius BTPN adalah sebuah jenis tabungan yang diluncurkan oleh bank BTPN yang mengedepankan kemudahan dalam mengatur keuangan pribadi melalui genggaman saja. Artinya semua kegiatan perbankan bisa dilakukan dalam sebuah aplikasi digital yang ada di ponsel. Ini jelas berbeda dari mobil banking kebanyakan, karna aplikasi yang ditawarkan tidak dimiliki oleh mobile banking pada umumnya.


Tabungan Jenius ini termasuk aplikasi perbankan yang revolusioner karna selain dilengkapi dengan kartu debit VISA namun juga membantu dalam melakukan aktifitas finansial seperti menabung, bertransaksi dan mengatur keuangan lebih aman, cerdas dan sederhana. Tanpa perlu beranjak dari tempat duduk, semuanya bisa dilakukan hanya melalui ponsel.

Kalau biasanya mobile banking yang lain lebih kepada mengecek saldo, transfer dana, beli pulsa dan membayar kartu kredit serta tagihan, tidak begitu dengan Tabungan Jenius. Karna di Tabungan Jenius ini ada banyak fitur yang memudahkan penggunanya untuk mengatur keuangan pribadi serta fitur yang membantu pengguna dalam mencapai tujuan dari tabungan tersebut.

Seperti yang sudah saya jelaskan di sebelumnya, bahwa Tabungan Jenius itu membantu saya untuk mengumpulkan dana untuk keperluan traveling saya. Dari situ saya bisa menentukan berapa banyak yang harus saya tabung untuk bisa mencapai nominal yang dibutuhkan sebagai dana traveling serta mengetahui kapan dana tersebut bisa mencapai targetnya.

Banyak banget yang merekomendasikan Tabungan Jenius untuk keperluan traveling lho. Salah satu keuntungannya adalah kartu debit bisa digunakan untuk menarik uang di berbagai negara dengan biaya kurs yang lebih murah ketimbang harus menukarnya di money changer. Nah, saya juga tahunya tentang Tabungan Jenius ini juga dari beberapa review travel blogger lainnya lho. Makanya, karna Tabungan Jenius sudah terbukti mempermudah pengaturan keuangan pribadi para travel blogger, tidak ada salahnya juga ikut menjadi nasabahnya.

Lalu, selain keuntungan itu, apa saja yang bisa didapat ketika menjadi nasahabahnya?

  1. $CashTag, nama rekening sebagai pengganti nomor rekening, jadi nasabahnya tidak perlu menghapalkan nomor rekening yang panjang.
  2. Split Bill, sering banget kan kalau makan bareng teman, tagihan makan itu masuk dalam satu tagihan?Nah, dengan fitur ini, jadi gampang deh untuk membagi tagihan dengan teman atau keluarga secara adil
  3. Card Center, di dalam fitur ini, nasabah itu diberi kebebasan untuk mengatur limit transaksi semua kartu debit dari Tabungan Jenius yang dimiliki dan tarikan tunai harian di mesin ATM atau blokir sementara dan buka blokir kartu serta blokir permanen kartu. See, Jenius banget kan? Semuanya hanya dalam satu genggaman.
  4. Satu rekening untuk kemudahan transaksi. Artinya nggak perlu punya banyak rekening di bank untuk bisa mengelola keuangan. Cukup satu rekening di Tabungan Jenius, semua aktifitas perbankan bisa dilakukan.
  5. M-Card & E-Card, biasanya kalau di tabungan biasa, nasabah hanya menerima satu kartu debit saja. Namun, tidak dengan Tabungan Jenius. di sini nasabah itu bisa mendapatkan dua jenis kartu berbeda yang bisa digunakan untuk keperluan yang berbeda pula. M-Card adalah sebuah kartu manual atau kartu debit yang bisa digunakan untuk tarik tunai di mesin ATM atau berbenja di berbagai merchant yang memiliki mesin EDC Visa Waive. Sementara bagi yang sering berbenja online atau membeli tiket secara online namun tidak memiliki kartu kredit, bisa menggunakan kartu debit dengan jenis E-Card. Nah, kartu E-Card sendiri adalah kartu debit virtual di mana ditujukan untuk berbagai transaksi yang biasanya sering menggunakan kartu kredit. Sementara kartu debit manual sangat jarang bisa digunakan untuk transaksi online. Makanya, E-Card ini berguna banget lho bagi yang tidak ingin menggunakan kartu kredit namun masih bisa berbelanja tiket untuk traveling secara online dengan kartu itu.
  6. Flexi Saver, tabungan fleksibel berbunga setara deposito yang bisa disetor dan ditarik sesuka hati nasabah
  7. Dream Saver, ini nih yang bikin saya tertarik banget. Karna fitur ini memungkinkan saya untuk membuat rencana serta impian tentang traveling saya atau impian lainnya dengan mudah tanpa harus ke bank untuk membuka rekening baru. Dan yang uniknya, di fitur ini, saya bebas menentukan berapa jumlah nominal yang harus saya tabung setiap bulan serta saya bisa menghentikan rencana tersebut tanpa ada biaya apapun. Hebat kan?!
  8. Maxi Saver, deposito berjangka berbunga maksimal yang dibuat, dikelola, dan dicarikan dari ponsel kita sendiri. Minimum saldo awal adalah IDR 10.000.000 dengan jangka waktu 1 sampai 12 bulan dan bebas menentukan periode perpanjangan
  9. Transfer uang, udah tahu belum kalau transfer uang dari rekening berbeda dari Jenius itu bebas biaya transfer lho. Nanti tiap bulan akan ada kuota yang disediakan bagi nasabaha sesuai dengan berapa banyak dana yang ditabung di rekening Jenius. Jadi, kalau mau bayar utang ketemen sih, nggak pusing lagi yah soal biaya transferannya hahah.
  10. Tidak perlu jauh-jauh mengunjungi bank-nya, cukup download aplikasinya di google play store, aktifkan via ponsel dan lakukan registrasi lalu Jenius Crew akan datang ke tempat nasabah jika berada di wilayah Jabodetabek atau kalau malu Jenius Crew datang ke rumah atau kantor karna takut dikira gebetan baru maka bisa mendatangi lokasi booth Jenius di beberapa tempat di Jakarta. Tenang, ada informasi lokasinya kok, jadi nggak perlu ke paranormal untuk mencari tahu haha.










Semua informasi mengenai fitur Tabungan Jenius bisa dibaca lengkap di sini :Jenius Website

Nah, cukup mudah kan untuk mengelola keuangan pribadi untuk kebutuhan traveling. Tidak ada yang susah di muka bumi ini kalau manusianya mau mencari tahu cara yang lebih mudah dan tidak mudah menyerah hanya karna tidak merasa seperti orang lain yang banyak duit. Apalagi semuanya sudah makin dipermudah di zaman sekarang. Teknologi digital sudah semakin memudahkan orang-orang untuk bisa mencapai apa yang diinginkannya. Maka, tidak ada kata tidak bisa sebelum mencoba.

Oia, jika ada yang berniat membuka rekening di Tabungan Jenius, bisa banget lho pake cashtag saya : $vindri.

Jadi, ini adalah cara pengaturan keuangan pribadi untuk traveling versi saya, kalau versi kamu gimana? Monggo di share yah


Disclamer : Artikel ini dibuat untuk mengikuti lomba blog yang diadakan oleh Tabungan Jenius melalui Blogger Perempuan dari Bank BTPN. #jeniuscocreate #hari2jenius . Informasi lebih lanjut silakan klik website Blogger Perempuan

Source : https://bloggerperempuan.co.id/jenius/



See Yaa !


Email                    : vindri.prachmitasari@gmail.com
instagram             : @veendoorie
FacebookFansPage https://web.facebook.com/Vindri.Prachmitasari.Author  




You Might Also Like

4 comments

  1. benar benar informasi yang sangat bermanfaat mbk ^^

    heywina.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. nggak salah aku dulu ngga sengaja nemuin timeline temen2 soal jenius, awalnya memang mau misahin antara tabungan buat jalan-jalan sama sehari-hari, nyari2 bank yg cocok dan nemulah sama si jenius ini, akhirnya aku daftar & pakai jenius juga.

    Bunganya cukup gede juga, transaksi lewat jenius bisa kita liat dari hp, luar biasa jenius pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Tabungan Jenius ini beneran Jenius dan ketjeh banget. Saya jadi terbantu banget.

      Delete

Followers

Popular Posts

The House of Full of Story

Selamat datang di rumah saya yang penuh dengan cerita tentang perjalanan, buku, pemikiran, dan apa pun yang mungkin saja akan saya tuangkan.

Jangan lupa untuk share cerita kalian di kolom komentar yah supaya bisa menjadi inspiriasi baru buat saya dan teman-teman lainnya.

=========================================

Welcome to my house that full of joy of story about traveling, book, random thought and anything that i will share in this blog.


Dont forget to share anything in comment section so it become new insight for me and other readers.


Contact me : Vindri.prachmitasari@gmail.com

Phone : +62-85218846138

Member of

Blogger Perempuan
ID Corners

Subscribe