.

[ Tips ] - 5 Hal Dasar yang Perlu Diketahui Ketika Traveling ke Penang Untuk Pertama Kali

10:49:00 PM

Kata Dalai Lama, setahun sekali,kunjungilah tempat-tempat yang belum pernah kamu kunjungi. Sering sekali ke Malaysia, membuat saya penasaran sama kota-kota di negera tetangga ini selain Kuala Lumpur. Apalagi, di Malaysia banyak kota tua yang tersebar di beberapa kota, salah satunya Penang. Makanya, ketika ada tiket murah ke Penang, siapa yang bisa menolak. Apalagi saat itu, saya belum pernah mengunjungi Penang dan kota ini sudah masuk ke dalam bucket list traveling saya sejak lama.


Kek Lok Sie Temple


Banyak hal yang membuat saya harus memasukkan Penang ke dalam Kota yang Wajib dikunjungi. Selain Penang terkenal akan medical tourism , Penang juga terkenal akan wisata kota tua berkat pencampuran budayanya dan kulinernya yang menggoda lidah.


Baca juga : 5 Cara Seru Menikmati Pulau Penang, yang Eksotisnya Bikin Jatuh Cinta






Saat memutuskan ke Penang, banyak pertanyaan yang muncul. Baik dari makanan yang halal sampai kemudahan transportasi di sana. Maklum, saat itu saya juga membawa Ibu saya untuk berkunjung ke Penang, makanya karna membawa orang tua, pertanyaan tersebut muncul menjelang tanggal keberangkatan. Walaupun sebelumnya saya sudah melakukan survei dari beberapa website traveling tentang Penang, namun tetap saja pertanyaan itu muncul.


Salahs satu bangunan tua di Armenian Street


Nah, supaya tidak membingungkan bagi beberapa pengunjung yang ingin mengunjungi Penang untuk pertama kali, berikut beberapa paduan sederhana yang mungkin berguna digunakan di sana.

Cuaca


Dari segi cuaca, Penang kurang lebih sama panasnya seperti di Jakarta. Berkisar antara 29-32°C di siang hari dan 25-30°C di malam hari. Namun, yang bikin beda adalah kurangnya polusi udara seperti di Jakarta. Jadi, ketika siang hari berjalan-jalan keliling kota masih sangat nyaman karna kurangnya polusi dari kendaraan.


Transportasi


Ini yang menjadi pertanyaan saya ketika mengunjungi Penang. Karna jenis transportasi di Penang itu tidak seperti di Kuala Lumpur yang sudah memiliki MRT, LRT, Commuter Line, sehingga bebas bergerak cepat ke sana ke mari. Sementara di Penang sendiri, jenis transportasi semodern Kuala Lumpur belum tersedia. Yang tersedia adalah taksi, bus dan taksi online.

Saat itu saya memilih taksi online sebagai penunjang transportasi saya ke berbagai tempat wisata di Penang. Bukan karna saya tidak mau menaiki bus, tapi karna lebih alasan efisien ketika traveling bersama Ibu. Padahal pada daftar rencana perjalanan saya, nomor bus yang akan digunakan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata sudah dicatat lho.

Harga taksi online yang ditawarkan juga masih terjangkau. Sekitar RM5-RM11 dari satu tempat wisata ke tempat wisata lain begitu juga ketika dari hotel ke tempat wisata atau sebaliknya. Dan yang pasti, lebih cepat datang ke lokasi penjemputan karna tidak ada yang namanya kemacetan serta tanpa penolakan karna jauh, ups..!


Makanan


Memutuskan untuk traveling ke luar negeri berarti harus memikirkan juga mengenai isi perut. Tidak hanya isi perut yang harus dipikirkan tetapi juga harus memikirkan mengenai kehalal-an makanan tersebut. Apalagi ketika traveling ke negera minoritas muslim, akan menjadi tantangan sendiri bagi saya.


Mie Udang di Kedai Bee Hwa


Tapi untungnya, ketika ke Penang yang mayoritas agamanya Islam, mencari makanan halal tidak begitu sulit walaupun Penang terdiri dari multibudaya dan agama yang terasa begitu kental di sana. Seperti di kedai makan di Jalan Lebuh Dickens, yang menyediakan makanan peranakan antara Melayu dan Tionghoa.




Kedai Bee Hwa memang cukup terkenal di kalangan traveler muslim lainnya, karna selain makananannya yang enak dan menggugah selera, semua makanannya di sana terkenal akan kehalalannya. Jadi, tidak diragukan lagi jika ingin menikmati makanan khas peranakan, bisa meluncur ke Kedai Bee Hwa



Waktu Terbaik Mengunjungi Penang


Sebenarnya mengunjungi Penang kapan pun bisa dilakukan, karna tidak ada halangan yang berarti. Namun jika kembali mempertimbangkan soal cuaca, Penang akan mengalami musim yang lebih kering dan panas dari Desember sampai Maret, dan bulan-bulan basah dari Mei sampai awal November.

Saat mengunjungi Penang di pertengahan bulan Oktober, hanya ketika malam hari saya merasakan hujan. Itu pun hanya berupa hujan rintik. Tidak akan terlalu mengganggu aktifitas jalan-jalan. Sementara siang harinya, terasa terang benderang.

Namun, baci pecinta festival, banyak festival yang diadakan di Penang pada bulan-bulan tertentu. Seperti, Penang World Music Festival yang diadakan tiap bulan Maret, dan Penang Island Jazz Festival diadakan di bulan Desember dan beberapa jenis festival lainnya yang ada di bulan-bulan lainnya. Tinggal memilih ingin mengikuti festival yang mana saat ke Penang nantinya.


Tiket Pesawat


Banyak penerbangan internasional dari Jakarta ke Penang. Baik itu penerbangan langsung atau penerbangan transit. Seperti menggunakan penerbangan berbiaya rendah yang menjadi primadona traveler seperti saya, hingga penerbangan premium yang harus menguras beberapa pundi-pundi Rupiah.

Untuk penerbangan berbiaya rendah sejuta umat, penerbangan yang dilakukan dari Jakarta ke Penang adalah penerbangan langsung tanpa transit. Hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan, kalian bisa sampai langsung di Penang. Sementara ada juga beberapa penerbangan berbiaya rendah lainnya harus transit dulu di Singapore atau di Kuala Lumpur.

Untuk harga tiketnya bervariasi, mulai dari IDR 700.000 per orang one way untuk penerbangan berbiaya rendah hingga sekitar 2 jutaan untuk penerbangan premium. Tergantung waktu, jenis kelas yang diambil serta promo penerbangan yah.


Tempat Menginap


Saya selalu mendapatkan pertanyaan, ” kalau ke Kuala Lumpur sebaiknya nginep di mana, Vin?” atau ” Mau ke Penang nih, enaknya nginep di mana yah?” dan sebagainya dan sebagainya. Seneng sih jika selalu mendapatkan pertanyaan seperti itu. Artinya mereka membutuhkan seseorang untuk memberikan pendapat terbaik atau tempat rekomendasi mengenai tempat menginap ketika traveling ke suatu tempat baru.





Sebenarnya gampang untuk menentukan tempat terbaik untuk menginap. Ada 2 hal yang harus diperhatikan ketika menentukan tempat menginap.

  • Lokasi
  • Hal ini begitu penting, karna lokasi yang strategis akan memudahkan untuk menentukan tempat wisata mana saja yang akan dikunjungi serta lebih menghemat waktu. Alangkah senanya jika mendapatkan tempat menginap yang lokasinya dekat dengan tempat wisata, sehingga cukup dengan berjalan kaki sudah bisa menikmati tempat wisata itu. Jadinya, lebih hemat dan sehat pastinya.
  • Akses Transportasi
  • Hotel yang dekat dengan halte bus, stasiun kereta adalah pilihan yang tepat. Karna selain memudahkan untuk mobilisasi selama mengunjungi tempat wisata dan menghemat waktu, berada di dekat akses transportasi terbaik tidak akan menyulitkan ketika mencari hotel tersebut untuk pertama kali. 
Selama saya traveling, dua hal tersebut yang selalu saya pegang, sehingga memudahkan saya untuk menjelajahi suatu tempat. Dua hal tersebut bisa didapat ketika melakukan pemesanan hotel di Booking.com. Karna pada website Booking.com terdapat informasi mengenai jauh dekatnya lokasi hotel dengan tempat wisata serta informasi akses transportasi.

Tidak hanya itu, di Booking.com sendiri ada kemudahan bayar langsung di properti lho. Artinya kita yang berbudget rendah masih bisa untuk melakukan pemesanan hotel jauh hari sebelum hari H keberangkatan dan bisa di bayar di tempat. Dan yang asyiknya lagi bisa masih bisa membatalkan pesanan jika menemukan penawaran hotel yang lainnya. Enakkan? Kalau udah kayak gini, sambil menunggu tanggal keberangkatan, kita masih bisa menyiapkan uang untuk membayar hotel nantinya. Jadi masih bisa napas lah?





Booking.com




Seperti saat saya melakukan pesanan di Hotel Penang Grand Inn via Booking.com. Selain mendapatkan harga murah, lokasi hotel ini bikin saya jatuh cinta. Lokasinya strategis banget, mau ke mana-mana gampang. Mau makan makanan India, tinggal nyebrang ke depan. Mau makan es krim gelato, tinggal nyebrang ke depan hotel, mau beli roti buat sarapan, tinggal nyebrang dari hotel, dan ketika mau makan manakanan peranakan di Kedai Bee Hwa, tinggal jalan sekitar 350 meter dari hotel dan tiba deh.


Informasi lokasi terdekat dengan hotel dari booking.com
source : booking.com


Nggak hanya itu, di Booking.com banyak penawaran menarik lho. Seperti diskon hotel yang lumayan banget jika dibandingkan dengan harga aslinya, sudah ada jaminan juga kalau hotel yang kita pesan akan aman sampai kedatangan kita. Artinya tidak ada cerita gagal booking kok. Oia, kebetulan banget saat jika dalam waktu dekat ada yang berencana untuk traveling ke luar negeri atau ke domestik,bisa banget pakai Booking.com , selain dapat keuntungan seperti yang saya bilang sebelumnya, bisa banget pakai kode diskon dari saya. Lumayan banget nih dapat potongan 10% lho dengan menggunakan kode diskon ini yah


Untuk memulai suatu perjalanan memang butuh berbagai informasi mengenai negara atau kota yang akan dituju. Itu berguna agar tidak linglung saat tiba di suatu tempat yang baru. Makanya informasi dasar tentang suatu kota penting banget. Apalagi jika ada informasi diskon gini, jadi pengen buru-buru pesen hotel kan? Di tahun 2019 ini, sudah merencanakan perjalanan ke mana aja nih Fellas? Kalau saya, sudah ada dua trip yang menunggu saya di bulan April dan September nanti. Baru dua sih, tapi sepertinya bakal nambah nih hahah..

See Yaa!


Email                       : vindri.prachmitasari@gmail.com
instagram                : @veendoorie

FacebookFans Page   :https://web.facebook.com/Vindri.Prachmitasari.Author


You Might Also Like

0 comments

Followers

Popular Posts

The House of Full of Story

Selamat datang di rumah saya yang penuh dengan cerita tentang perjalanan, buku, pemikiran, dan apa pun yang mungkin saja akan saya tuangkan.

Jangan lupa untuk share cerita kalian di kolom komentar yah supaya bisa menjadi inspiriasi baru buat saya dan teman-teman lainnya.

=========================================

Welcome to my house that full of joy of story about traveling, book, random thought and anything that i will share in this blog.


Dont forget to share anything in comment section so it become new insight for me and other readers.


Contact me : Vindri.prachmitasari@gmail.com

Phone : +62-85218846138

Member of

Blogger Perempuan
ID Corners

Subscribe