.

[ Tips ]- Ini Dia, 5 Aplikasi Wajib Buat yang Hobi Traveling

10:01:00 PM




Dulu, saya ingat banget saat pertama kali traveling ke luar negeri di tahun 2013, saya membawa peta yang saya ambil di bandara sebagai petunjuk arah jalan mana yang harus saya ambil. Saat itu internet tidak sebegitu cepat seperti sekarang, device nya juga masih belum secanggih sekarang, makanya saya tidak terlalu menggantungkan hidup saya di luar negeri pada internet.

Untuk mengunjungi satu tempat ke tempat lain saya harus belajar untuk membaca peta kota tersebut. Maklum, kadang untuk menentukan satu spot di tempat tujuan suka bingung bacanya kudu mulai dari mana. Makanya, membawa peta saat traveling itu sesungguhnya merepotkan. Membaca peta itu susahnya sama seperti membaca kode morse yang saya sendiri tidak tahu artinya apa apalagi kudu membaca hati kamu yang sesungguhnya bukan buatku! Apeeeuuu...

Saya ingat banget saat itu, untuk membuka menu Google aja lamanya minta ampun, apalagi harus membuka aplikasi. Tapi, untungnya dimulai dengan kemunculan ponsel Android versi awal, persaingan dengan Blackberry, memaksa mau tidak mau beberapa provider telekomunikasi mulai gencar mempercepat kecepatan internetnya. Ini semua demi mendukung pengguna untuk memaksimalkan berbagai aplikasi yang ada di ponsel tersebut.

Jika benar-benar harus mengingat, maka jelas banget perbedaannya. Dan untungnya saat ini kecepatan internet sudah sangat bagus, bahkan kadang saking canggihnya udah bisa nonton streaming yang bikin kuota habis hahah. Kecepatan tersebut memaksa beberapa pengembang aplikasi juga sudah memikirkan untuk menciptakan aplikasi pendukung yang memudahkan kaum traveler seperti aku, kamu dan dia saat traveling bahkan saat sebelum traveling dimulai.







1. Skyscanner


Oh, jelas ini adalah kebiasaan saya banget sebelum tidur, untuk mengecek tiket pesawat di tanggal-tanggal yang dinginkan untuk traveling. Aplikasi ini jelas membantu banget buat sekedar menghayal sebelum tidur untuk mengecek tiket pesawat dari beberapa maskapai penerbangan ke beberapa destinasi wisata yang diinginkan. Tapi tenang, ini nggak cuma sekedar untuk menghayal kok, karna aplikasi Skyscanner juga bisa digunakan untuk membeli tiket di aplikasi ini. Nanti, Skyscanner akan menghubungkan dengan ke beberapa travel agent atau maskapai yang dipilih untuk melakukan pembelian.

Jadi, sebenarnya Skyscanner adalah aplikasi pembanding harga-harga tiket pesawat dari beberapa maskapai beserta promo dari beberapa travel agent online yang ada. Aplikasi ini penting banget lho, buat yang ingin merencakanan traveling ke destinasi yang diinginkan. Jadi bisa memprediksikan di tanggal berapa kira-kira tiket harga murah tersebut tersedia, dari maskapai apa, dan dari travel agent mana yang memberikan promo.

Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play Store dan Apple store secara gratis untuk versi mobile-nya. Dan juga bisa dibuka langsung di website-nya. Dari segi user interface, aplikasi Skyscanner cukup mudah lho. Karna setelah mengunduh hanya cukup untuk menuliskan origin dan destinasi serta tanggal yang dinginkan untuk keberangkatan dan kembali ke Indonesia. Tidak perlu jurus khusus untuk bisa mengaksesnya dan walla.. beberapa maskapai dengan harganya mulai muncul di layar ponsel kalian.

Berikut cara pengecekan tiket maskapai di tanggal yang diinginkan :




Makanya, saya suka banget dengan aplikasi ini. Karna bisa bikin saya mimpi indah dan mulai merencanakan traveling berikutnya.


2. Google Translate




Memberanikan diri untuk traveling ke luar negeri artinya mencoba untuk keluar dari zona yang super nyaman. Kenapa saya bilang super nyaman, karna traveling ke luar negeri artinya harus bisa beradaptasi dengan lingkungan yang sama sekali berbeda dengan kita. Yaa lingkungan, adat istiadat bahkan bahasa. Nah, dengan kendala bahasa yang paling sering dihadapi oleh traveler-traveler di negara destinasi. Walaupun, sudah ditentukan bahwa bahasa global adalah Bahasa Inggris, tapi tidak semua bisa menggunakanannya.

Untuk itu dibutuhkanlah kamus dan penerjemah. Saat ini segala sesuatu dituntut seringkas mungkin, makanya sangat tidak efisien jika harus membawa kamus ke sana kemari atau menyewa orang untuk sekedar menjadi penerjemah di suatu tempat wisata. Makanya, dengan adanya Google Translate, segalanya jadi lebih mudah.

Aplikasi ini sangat membantu banget bagi traveler. Apalagi bagi traveler muslim yang kudu mencari tahu arti dari sebuah menu makanan, apakah menu tersebut masih dalam kategori halal atau haram. Serta membantu juga jika ingin nawar saat belanja atau menayakan arah. Pokoknya untuk urusan mengenai bahasa, bisa dengan bantuan Google Translate. Oia, Google Translate bisa dioperasikan secara offline lho. Jika internet sedang lemot saat di luar negeri, ada baiknya mulai mengunduh jenis bahasa sejak di Indonesia yang akan digunakan di negera destinasi.

Pasti semuanya udah pada tahu lah, kudu di mana untuk unduh aplikasi ini. Untuk android bisa di Google Play Store yah, dan untuk IOS di Apple Store.

3. Google Map




Adalah sebuah aplikasi penunjuk arah yang berisi peta di suatu daerah yang dimiliki oleh Google. Jadi, semacam peta digital. Aplikasi ini berguna banget bagi tipe traveler yang doyan jalan kaki. Tidak menggantungkan hidup travelingnya pada taksi. Yang punya prinsip be local dan mencintai alat transportasi masal di suatu negera atau daerah. Satu lagi, yang ingin menurunkan berat badan juga saat disarankan untuk menggunakan aplikasi ini, bukan untuk mengukur jumlah kalori yang terbuang yah, tapi buat penunjuk arah.

Jujur tanpa aplikasi ini, traveler akan buta arah saat traveling dan membuang waktu yang banyak karna harus mulai membuka peta yang super lebar itu, mulai membacanya dan mencari petunjuk jalan untuk mengetahui posisi saat ini. Jika menggunakan Google Map, semuanya akan menjadi mudah. Nggak ada lagi salah arah, nggak ada lagi ribet membuka peta, dan nggak ribet pastinya. Karna hanya cukup membuka di ponsel saja. Cara kerja juga cukup sederhana. Cukup menuliskan alamat tujuan teman-teman sekalian dari lokasi awal dan walla.. penunjuk arah mulai bekerja.

Dan lagi-lagi semua bisa diunduh di Google Play Store & Apple Store secara gratis, Temans.

4. XE Currency




Ini adalah aplikasi nilai tukar mata uang dari satu mata uang ke mata uang lain. Jadi, dengan aplikasi ini teman-teman bisa mengetahui nilai tukar mata uang yang ada di satu negera. Artinya nggak perlu ribet-ribet lagi untuk menghitung nilai Rupiahnya di kalkulator atau mengingat berapa nilai tukar terhadap mata uang.

Pilihan jenis mata uangnya banyak. Tinggal menambahkan saja di tab add mata uang mana yang diinginkan lalu semuanya akan muncul di menu utama dan tinggal memasukkan saja nilai yang dingin dikonversi ke dalam rupiah.

Aplikasi ini bagus banget karna bisa menghemat waktu buat menghitung nilai mata uang dan bisa mengetahui apakah sesuatu yang kita beli itu masih tergolong murah atau mahal. Jelas, aplikasi ini cocok banget buat yang ingin menghemat selama traveling. Biar nggak kebablasan ketika ada acara belanja-belanja lucu gitu.

Aplikasi ini bisa diunduh juga di Google Play Store & Apple Store secara gratis.

5. Citymapper




Adalah sebuah aplikasi yang berisi informasi tentang semua jenis alat transportasi yang ada di berbagai negara yang memudahkan pengguna untuk menjelajah suatu kota. Jadi, semua alat transpotasi seperti LRT, MRT, Bus, Ferry, dll yang ada di negera tersebut dikumpulkan jadi satu di dalam satu aplikasi berdasarkan negera yang dituju. Artinya, ini bikin ringkas banget tanpa harus mengunduh banyak aplikasi trasnportasi yang ada di negera tersebut. Bahkan ada petanya sendiri lho. Jadi, boleh dibilang Citymapper adalah aplikasi multiguna untuk para traveler.

Cara kerjanya sendiri mudah. Saat masuk ke dalam aplikasi tersebut, kamu bisa mulai memilih negera mana yang akan dikunjungi, lalu akan diarahkan ke sebuah menu yang berisi banyak alat transportasi. Lalu, kamu bisa mulai memilih jenis transpotasi yang akan digunakan dan aplikasi tersebut akan mengarahkan pada berbagai jadwal dan rute dari jenis transportasinya. Jadi, nggak ada alasan lagi jika nggak tahu mau ke mana dan harus naik apa. Semuanya bisa di dalam satu aplikasi saja.

Namun, sayangnya, tidak semua negara tersedia di sini. Hanya beberapa negera metropolitan besar saja yang sudah memiliki alat transportasi yang modern yang tersedia di aplikasi ini. Tapi, jangan khawatir, kamu juga bisa melakukan voting untuk menambahkan kota-kota yang ada di belahan dunia lainnya agar bisa muncul di aplikasi ini. Mungkin, saat melakukan voting tersebut tidak akan langsung serta merta muncul sih kota dan negara yang dinginkan karna akan melalui proses lagi dari tim Citymapper tapi tidak ada salahnya mulai melakukan voting dari sekarang kan, jadi ketika aku, kamu dan dia berencana berkunjung ke suatu negera, informasi mengenai alat transportasinya sudah tersedia.

Lagi-lagi aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Google Play Store & Apple Store


6. Muslim Pro




Lho, kok ada 6 aplikasi? Sebenarnya ini tambahan sih. Ini aplikasi yang penting banget buat memberitahukan jadwal sholat di suatu negara. Karna berada di negara yang mayoritasnya non-muslim jelas memberikan tantangan sendiri bagi saya dan teman-teman muslim lainnya yang ingin tetap menjalankan sholat lima waktu. Sulitnya mendengar azan membuat saya kadang suka bingung, ini sudah masuk waktu sholat belum sih? Nggak mungkin juga kan, menyamakan waktu sholat di Indonesia dengan di luar negeri yang jelas banget waktunya. 

Makanya, aplikasi ini selalu menjadi andalan bagi saya untuk mengetahui waktu sholat karna bisa langsung mengganti lokasi di mana kita berada sehingga waktu sholatnya bisa di sesuaikan dan juga menentukan letak kiblat sholat. Tidak hanya itu saja, di aplikasi Muslim Pro juga ada menu untuk mencari lokasi makanan halal di sekitarnya lho. Artinya bisa dengan mudah untuk mendapatkan informasi makanan halal tanpa harus capek-capek browsing di Google. Serta lokasi-lokasi di mana masjid berada. Waah, semakin mudah kan para traveler muslim untuk tetap menjelajah tempat wisata di negara tertentu namun tetap bisa menjalankan kewajibannya sebagai seorang muslim. Aplikasi ini bisa diunduh gratis di Google Play Store yah.  

Jadi, itu dia 5 + 1 aplikasi yang wajib yang digunakan bagi yang hobi traveling. Aplikasi tersebut boleh banget lho dicoba. Semoga bisa membantu teman-teman yang sedang ada rencana untuk traveling ke luar negeri dan membutuhkan aplikasi yang bisa memudahkan untuk menjelajahi wisata destinasi di negara tersebut tanpa harus takut untuk memulainya sendiri.







Oia, share dong aplikasi apa aja yang sering digunakan ketika traveling selain dari 6 aplikasi yang saya sebutkan di atas? Bisa banget lho di share informasi tersebut di kolom komen.Kali bisa jadi aplikasi tambahan buat saya dan teman-teman lainnya.

Selamat berjalan-jalan Fellas!

See yaa!
Vindri Prachmitasari

Email                                  : vindri.prachmitasari@gmail.com
instagram                            : @veendoorie







You Might Also Like

10 comments

  1. Bagus nih buat yang suka travelinggg

    ReplyDelete
  2. Woww thank you tips-nya! Aku gak punya pengalaman travelling dan belakangan lagi tergoda bgt untuk travelling sekali2, makanya berguna bgt sepertinyaa untuk amunisi pemula kyk aku xixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp lah..
      Semoga rencana travelling nya bisa segera terlaksana yah.. Amin..

      Delete
  3. google map juga cukup penting nih, tp kadang waktu di lapangan nggak sering2 buka hp, hp nya gampang low bat, sedih
    jadinya malah nanya ke orang lokal & belum tentu mereka bisa bahasa inggris

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bs mulai bawa power bank dan kendala bahasa memang sering bgt jd tantangan,tp justru di situ serunya travelling, harus bs cari jalan keluar atas tantangan yg dihadapi. Tetep Semangat yah..

      Delete
  4. saya pengguna setia Muslim Pro. arah kiblat sama waktu shalat itu yang penting banget kalo pas di negara yang nggak kedengeran adzan dan kalo nggak ada penanda arah kiblat di penginapan (ini bahkan di Indonesia juga kepake). hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama favorit juga, apalagi buat yang modelan kayak saYa yang sering sekali disorientasi arah hahah.. Jadi,gak ngasal arah kiblatnya

      Delete
  5. Untuk peta offline aku pernah pake maps.me, tapi pernah dibikin nyasar juga hahaha. Aplikasi lain yang aku pake itu apa ya hmmm. Aplikasi booking penginapan. Pernah booking go show soalnya, sangat ngebantu ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh.. boleh banget tuh dicoba pake maps.me, tp kudu jaga-jaga biar nggak nyasar hahah

      Delete

Followers

Popular Posts

The House of Full of Story

Selamat datang di rumah saya yang penuh dengan cerita tentang perjalanan, buku, pemikiran, dan apa pun yang mungkin saja akan saya tuangkan.

Jangan lupa untuk share cerita kalian di kolom komentar yah supaya bisa menjadi inspiriasi baru buat saya dan teman-teman lainnya.

=========================================

Welcome to my house that full of joy of story about traveling, book, random thought and anything that i will share in this blog.


Dont forget to share anything in comment section so it become new insight for me and other readers.


Contact me : Vindri.prachmitasari@gmail.com

Phone : +62-85218846138

Member of

Blogger Perempuan
ID Corners

Subscribe