.

[ TIPS ] – Ke Korea Selatan Pertama Kali, Tempat Apa Yang Harus Saya Kunjungi?

5:43:00 PM


Ngomongin soal wisata Korea Selatan, itu nggak ada henti-hentinya. Bagi Kpoper itu adalah surga banget. Selain berada satu negara, satu kota, satu udara dengan bias tercinta dan mungkin kalo beruntung bisa ketemu sama bias, Korea Selatan juga menawarkan wisata yang nggak melulu soal Kpop. Korea Selatan adalah salah satu negera maju di Asia yang harus dan kudu dikunjungin. Dan compare dengan negera Jepang, Korea Selatan masih menawarkan biaya hidup yang lebih murah lho
.
Mungkin banyak banget yang underestimate sama Korea Selatan. Malah saya dan teman saya sering dapetin pertanyaan, “ Kenapa harus ke Korea sih?”, “ Kenapa harus ke Korea lagi sih?”. Ya..ya..ya. Bagi sebagian orang yang nggak ngikutin perkembangan Kpop atau Korea Selatan, pertanyaan itu pasti selalu ada. Tapi, bagi saya pecinta Kpop, Kdrama, Kfashion, Kbeauty, dan Kfood, Korea Selatan banyak banget nawarin wisata yang nggak kalah keren seperti wisata di Jepang dan negera lain.





Sadar banget kok, wisata Korea Selatan ini mulai kelihatan pas lagi booming-boomingnya Kpop. Dulu, mungkin tidak terlalu kelihatan. Bahkan saya juga menyadari hal itu sebelum akhirnya jatuh cinta sama kpop. Sama seperti penggemar Jpop, Dorama, mereka juga akan melakukan hal yang sama. Berkunjung ke negera di mana semuanya itu berasal.

Bagi yang ingin nyobain jalan-jalan ke Korea Selatan pertama kali, pasti suka bingung mau ke mana dulu nih. Di Korea Selatan itu banyak kota yang bisa dikunjungin. Ada Seoul, ada Busan, ada Jeju, Ulsan dll. Namun, di sini saya coba untuk  infokan wisata yang ada di Seoul dan provinsi Gyeonggi-do yah.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan kalau mau nentuin wisata apa saja yang harus dikunjungin selama berada di Seoul tanpa pakai tour guide yah aka dewekan.

So, here we go :

·    Tentukan Jenis Wisata yang Diinginkan.


Bagi Kpopers, ke Seoul itu berarti wisata ngunjungin Kpop Artist Agency-nya. Lihat lokasi yang pernah dijadikan lokasi syuting Kdrama, ngunjungin cafe yang selalu muncul di Kdrama, dan ke Mall yang isinya pernak-pernik Kpop Artist.

Bagi yang bukan Kpopers juga masih bisa nikmatin wisata di Seoul lho, Banyak banget yang ditawarin kok. Mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata kota,  kuliner, yang pengen tampil cantik bisa banget ke Korea Selatan soalnya mereka nawarin wisata belanja skin care yang bikin jaw dropped banget haha.

·       Tentukan Waktu Kunjungan ke Korea Selatan

Korea Selatan itu negera subtropis. Artinya punya empat musim. Musim dingin dimulai dari Desember – Maret awal. Musim semi dimulai dari pertengahan Maret – May. Musim panas dimulai dari Juli – September dan musim gugur dimulai dari Oktober – November. Atau biar lebih lengkap cek  di sini deh soal musim di Korea Selatan.

Jadi, jika ingin berwisata ke Korea Selatan yang nggak mau ribet yaa enaknya sih di musim panas. Karna isi koper pasti nggak banyak banget. Secara sama kan cuacanya dengan di Indonesia. Tapi, yaa kali ke Korea Selatan ketemu panas-panas lagi. Kan pengen beda. Yo wes, jangan nggambek dong haha. Pas musim semi dan musim gugur itu masih  oke kok. Cuacanya sejuk dan nggak dingin banget. Paling cukup bawa jaket biasa aja udah oke.

Tapi, dasar orang tropis pasti pengen ngerasain yang namanya salju kan. Nah, bisa datang di musim dingin. Tapi, saljunya nggak sepanjang musim dingin muncul lho. Tahun 2016 kemarin salju pertama muncul di awal Desember aja. Tapi, harus siap-siap bawa jaket super tebal, sarung tangan, sepatu boot, sweater dan topi beanie gitu dan merelakan bayar bagasi tambahan untuk isi koper yang lumayan banyak.

·     Lama Liburan.


Poin ini juga nentuin itinerary selama di Korea Selatan. Kadang, hasrat pengen banget ke semua tempat, tapi apa daya cuti tinggal dikit, uang pas-pasan. Hahah. Makanya pilih yang diinginin banget, yang biaya masuknya murah kalo bisa gratis ( banyak kok yang gratis ) dan jaraknya dekat. Jadi seharian sampai malam bisa ke sana kemari.


·        Tentukan Lokasi Menginap



Pilih lokasi yang dekat dengan daerah wisata. Biasanya nih lokasi yang terdekat dengan wisata di Seoul itu di daerah Dongdaemun dan Myeongdong. Lokasi di daerah ini masih lumayan terjangkau dan dekat dengan pusat perbelanjaan, tempat wisata dan kuliner. Jadi, sudah pasti enak banget.

Nah, setelah semua point tersebut terpenuhi, maka inilah lokasi yang wajib banget dikunjungin saat pertama kali datang ke kota Seoul, Korea Selatan.


·      N Tower ( Namsan Tower)


Lokasinya nggak begitu jauh dari Myeongdong lho. Bisa di akses dengan jalan kaki untuk sampai di lokasi cable car nya. Menggunakan cable car ini biar bisa naik ke puncak bukitnya. Bisa juga sih kalo mau jalan kaki dan nggak mau bayar cable car bisa mendaki buat sampai di atas. Tapi, siap-siap betis jadi langsing hahah.




Di N Tower ini bagus banget buat yang pengen lihat kota Seoul dari ketinggian. Ketjeh lho pemandangannya. Trus lokasi ini juga dipakai buat Kdrama My Love From The Star – itu lho yang main Jun Ji Hyun sama Kim Soo Hyun sama the phenomenal Boy Before Flower. Dan buat yang ingin mengunci cinta mereka, bisa banget pasang gembok cinta di sini hihihi. Di N Tower bisa sih kalo mau naik ke menaranya cuma harus bayar berapa Won gitu. Tapi tenang, kalo nggak mau bayar yaa masih banyak hal yang bisa dilakuin di sini. Ada taman dan kampung tradisional juga kok di ara N Tower.






Lengkapnya di sini


·       Naksan Park  & Ihwa Mural Village



Ini lokasinya nggak jauh satu sama lain. Jadi ke Ihwa Mural dulu trus ke Naksan Park. Ada apa saja di Ihwa Mural Villange dan Naksan Park? Nah, pernah liat area yang kampung , yang rumahnya, dinding, jalanan, tangga , dilukis mural gitu tak? Kalau pernah liat di majalah atau di mana, nah di sini tempatnya. Untuk masuk ke area ini nggak bayar kok alias gratis, horaayyy! Cuma jangan berisik yah, karna lokasi ini masih dihuni oleh penduduk lho. Ceritanya, dulu kampung ini kumuh banget. Nah biar nggak kumuh, pemerintah mempercantik dengan bikin lukisan murah di rumah mereka, so akhirnya jadi tempat wisata menarik kan?!



Naksan Park Area


Lalu, Naksan Park ini lokasinya di atas Ihwa Mural Village. Ini sebuah taman yang di kelilingi sama benteng zaman dinasti Joseon dulu. Bagus deh tempatnya. Nenangin . Kadang kalau mo galau juga bisa sih di sini hahaha. Lokasi tempat ini juga sering dipakai untuk syuting Kdrama. Seperti Rooftop Prince. Paling bagus kalau ke sini pas lagi sunset gitu.




Lengkapnya  di sini


·       Gyeongbokgung Palace



Istana ini nggak ada matinya. Masuk ke dalam komplek istana ini berasa berada di zaman dinasti Joseon. Nggak heran kalo tempat ini sering dipakai buat lokasi syuting Kdrama Saeguk gitu ( drama zaman kerajaan). Soalnya istananya masih terawat dengan baik, trus di dalam kawasan istana ada danau buatan yang instagram-able banget, trus ada background gunung lho di belakangnya. Jadi, hawa masa lalu itu masih ada. Padahal lokasinya tepat di jantung kota Seoul. Yang mana kanan kiri itu udah banyak gedung pencakar langit lho. Tapi, tetep aja berasa jadi putri raja masuk sini hahah.





Dalam beberapa jam, akan ada acara pergantian penjaga istana di Gyeongbokgung, sehingga bisa menjadi atraksi menarik bagi pengunjung istana.

Lengkapnya di sini


Gwanghamun Square


Lokasinya itu persis di seberang Gyeongbokgung Palace lho. Di Gwanghamun Square terdapat terdapat patung Raja Sejong dan patung Laksamana Yi Shun Sin . Biasanya di Gwanghamun Square suka ada acara gitu. Dan kalau malam areanya ada air mancur yang warna warni karna kena lampu sorot. Bagus deh.









·        Insadong



Buat yang pengen belanja sovenir khas Korea Selatan, di sini nih tempatnya. Tapi, yaah lumayan pricey sih. Tapi, masih wajar kok harganya. Belinya yang murah-murah aja. Range harganya yaa sekitar W5000-W20000. Kalo sekedar beli gelas-gelas khas Korea Selatan masih bisa dapet kok di bawah W10.000.

Lengkapnya  di sini



·        Myeongdong



    This place called as skin care heaven. Cewek manapun kalo di kasih area yang isinya semua brand skin care dan make up Korea Selatan, nggak bakal ada yang nolak. Saya juga kalo disuruh lama-lama di Myeongdong mah betah-betah aja. Keluar masuk toko make up & skin care itu berasa bahagia banget jadi cewek hahah. Harga yang ditawarkan lebih murah kalo dibandingin sama beli brand tsb di Jakarta. Yaa iyalah, ongkosnya aja berapa jadi nggak heran lebih mahal di Jakarta. Tapi, yang bikin enak itu kalo kita belanja suka dapet gift sample gitu. Emang sih kecil-kecil tapi kan lumayan buat tester product baru atau kalo belinya banyak dapetnya juga banyak. Sama satu hal yang bikin betah, mbak-mbak SPG nya nggak maksa buat jualan. Dan nggak sotoy soal jenis kulit kita. Jadi berasa nggak diikutin. Oia, mereka jago-jago lho bahasa Inggrisnya. Jadi tenang aja kalo mo tanya-tanya dulu hehehe



Di Myeongdong juga banyak jajanan lucu yang bikin mupeng pengen beli. Dan harganya juga masih oke kok dikantong. Yaa setara 30rb Rupiah kalo dikonversikan mah. Oia, kalo ke Myeongdong cobain Ttoppoki yang ada di street food area nya. Enak banget! Beneran deh! Itu pedesnya pas sesuai lidah Indonesia. Ttoppokinya juga gede-gede. 2x ke Korea Selatan, selalu kudu dan wajib mampir buat cobain Ttoppokinya. Karna jujur aja, compare dengan area lain, nggak seenak Ttoppoki Myeongdong. Saya juga pernah bahas lengkapnya di sini

Taken by Kokom

Taken by Kokom


·        Nami Island & Petite France



Nggak lengkap rasanya kalo dua tempat wisata ini nggak dikunjungin selama di Korea Selatan. Lokasinya emang jauh dari kota Seoul, ditempuh kurang lebih 3 jam dari Seoul via ITX. Tapi, worth it banget kok. Karna kalo mau menikmati alam yaa di sini tempatnya. Apalagi Nami Island dan Petite France dipakai juga lho buat syuting drama Winter Sonata dan My Love From The Star. Lengkapnya bisa baca di sini (Nami Island)di sini (Petite France)

 



Taken by Kokom

Taken by Kokom


·        Kpop Agency


Seorang Kpoper pantang rasanya kalo ke Korea Selatan trus nggak kunjungin Kpop agency bias-biasnya. Secara kapan lagi bisa berdiri di depan gedung SMent, JYP, FNC, CUBE dll. Kali-kali bisa ketemu bias yang lagi ada di agency tsb. Mana bodyguardnya aja cakepnya bikin mimisan, apalagi kalo beneran ketemu sama Kpop Idol yak. Pengsan bertubi-tubi nih hahaha. Lengkapnya di di sini

Taken by Kokom

Taken by Kokom


·        Hongdae.



Kalo mau liat-liat fashionnya anak-anak gaul Seoul, yaa di sini tempatnya. Kenapa karna di Hondae ini deket lho dengan Hankuk University. Jadi bisa keceng-kecengan ama cowok unyu-unyu gitu. Lengkapnya di sini


Udah segitu dulu. Soalnya kalo mo ditulisn nggak abis-abis ntar hahah. Kalo ada yang mo ditambahin boleh, silakan isi dikomen. Kalau ada yang mo ditanyain yaa silakan dikomen juga. Akan saya coba untuk jawab kok ^^

XoXo
Vindri P.



You Might Also Like

2 comments

Followers

Member of

Blogger Perempuan
ID Corners

Subscribe