.

Cara Apply Visa Korea Selatan.

7:49:00 PM

Hmm..

Judul postingan ini pasti sudah banyak tersebar di situs pencarian seperti mbah Google. Tapi tetap aja, cerita di baliknya masih bisa diceritakan, bukan?! Versi orang beda-beda kok. Nah disini saya juga ingin coba sharing apa tentang proses apply visa yang selalu saja membuat sulit tidur. Hahah...





Cerita dulu yah sebelumnya, saya memang sudah meniatkan trip ke Seoul, Korea Selatan sejak di bulan februari tahun 2014 untuk penerbangan tanggal 2-9 march 2015 minggu kemarin. Wuiihhhh. lama kaliiiii.. Emmm.. saat itu memang Air Asia sedang promo gede-gedean tiket ke Seoul, Korea Selatan. Untuk PP saya dapat 4.1jt itu udh termasuk nambah bagasi 20kg + insurance.

Dan ketika hari H semakin dekat, ketakutan soal membuat visa itu terus membayangi. Dan yak di awal Februari 2015 saya dan teman saya mulai mensubmit dokumen ke travel agent. Kenapa harus ke travel agent? Karna saya dan teman saya gak punya waktu untuk datang ke kedutaan Korea Selatan, jadi mau nggak mau harus pake jasa travel agent untuk bantu submit.  So.. sebelum dokumen itu tersubmit tentunya saya harus menyiapkan semua persyaratan yang diminta oleh kedutaan kan? Nah ini dia persyaratannya berdasarkan dari website resmi kedutaan Korea Selatan.



  1. Passport Asli & fotokopi passport termasuk semua cap dan visa negara yang pernah dikunjungi.
  2. Formulir aplikasi visa ( Foto pendaftar visa jangan lupa dicantumin di kolom foto aplikasi yah. Ukurannya 4x6cm 1 lembar, berwarna) Aplikasi visa bisa didonlot disini yah.
  3. Fotokopi kartu Keluarga (KK) atau dokumen yang dapat membuktikan hubungan keluarga.
  4. Surat keterangan kerja dari perusahaan tempat berkerja yang menyatakan bahwa pendaftar adalah benar keryawan perusahaan dan bakal kembali ke Indonesia nantinya setelah trip selesai.
  5. Nah, bagi yang masih kuliah bisa menyertakan surat keterangan pelajar /mahasiswa dari sekolah atau universitas.
  6. Fotokopi bukti keuangan. Nah ini bisa pilih salah satu dari banyaknya pilihan yang ada di website kedutaan Korea. Lengkapnya disini. Pas saya apply saya pilih rekening koran tabungan 3 bulan terakhir dan surat referensi bank dalam bahasa inggris, ASLI
Nah itu dia syaratnya. Banyak juga dan kadang suka bikin ribet plus parno. Contohnya seperti surat keterangan dari kantor yang agak-agak bikin jiper sendiri karna saya masih termasuk anak baru di kantor ini. Tapi untungnya, pas saat interview di bulan november dan tanda tangan kontrak di bulan desember, saya udah sounding-sounding ke GM dan HRDnya kalau saya ada trip ke Korea Selatan di bulan maret. Dan Alhamdulillah di ijinin sama mereka ( rejeki anak sholeh kali yah ) hehehe. Dan karna emang semuanya berjalan lancar, jadi saat minta surat keterangan kerja itu juga semua mulus-mulus aja tuh.

Contoh kedua yang bikin jiper lagi adalah, berapa banyak uang yang harus ada di tabungan nih biar visa bisa lolos aka di approved oleh kedutaan Korea Selatan. Sebelumnya saya memang sudah cari tahu biasanya berapa sih yang harus disiapin, secara dari pihak kedutaan nggak ada info jelas soal harus min. berapa tabungannya.  Banyak yang bilang, harus 20 jt, 60jt, ato min, 10jt. Daankkkk.!! duit segitu dari mana saya dapatnya. Padalah uang udah dikumpulin semenjak tahun lalu saat beli tiket, tapi tetap aja kayaknya sebanyak itu masih belum bisa tercapai juga. Dan coba nothing to loose aja, Nggak nyoba yaa nggak bakal tahu kalo tabungan segitu bisa di approved ato nggak. Yaa, kalo di approved syukur Alhamdulillah banget dan girang banget pastinya, kalo nggak di approved ( amit-amit,ketok meja) anggap aja emang belum rejeki.  Dan setelah ngumpulin cukup lama dan pake acara kepake dananya untuk oprasi kecil saya, jadinya tabungan hanya 8jt saja. Wuiiihh, dikit amat! Kira-kira bakal di approved gak yah?

Tapi gimanapun harus tetap di submit. Dan yang bikin nggak bisa tidur, karna saat submit si travel agentnya kaget bukan main saat lihat tabungan saya cuma segitu. " Serius tabungan kamu cuma segini? Nggak bisa tambah lagi gitu? Rekening orang tua sertain aja lagi!" gitu katanya.
Dan jawaban saya cuma bisa bilang , " yaa.. tabungan saya emang cuma segitu, Nggak ada lagi. Tabungan orang tua? Hmm, nggak mungkin bisa lebih gede dari saya!"

Dan akhirnya, saya coba nyaranin travel agent untuk bisa nggak tambahin dengan tagihan kartu kredit saya selama 3 bulan. Buat memperkuat gitu, kalo-kalo (amit-amit) duit abis di jalan masih bisa ada pegangan. Dan saya pun submit lagi tagihan kartu kredit itu. Dan info dari travel agentnya, " mudah-mudahan bisa di approved yah mba. Visa Jepang di trip sebelumnya semoga bisa jadi bahan pertimbangan." Amiiinnnnnn...

Dan emang sih menurut info dari website kedutaan, kalau sebelumnya pernah berkunjung ke negera OECD ( Organization Economic Co-operation & Develepment ) dan salah satu anggotanya adalah negera Jepang, maka syarat keuangan nggak perlu di cantumin. Tapi tetep aja, namanya parno nggak bisa di hilangin. Apalagi ini trip sendiri bukan dari perusahaan seperti waktu ke Jepang kemarin di tahun 2013. Jadi yaah.. tetep aja deg-degan. Oia, bisa cek disini  untuk list anggota-anggotanya.

Dan hari-hari terus saja kepikiran setelah submit persyaratan dokumen ke travel agent. Apakah di approved ato di tolak nih. Bacaan blog-blog orang soal visa ke Korea yang kebanyakan di approved dan ada yang di tolak juga, bikin tidur jadi nggak tenang. Apalagi waktu keberangkatan semakin dekat. Hampir tiap hari tanyain status ke travel agent, tapi tetap aja jawabannya " belum ada update-an". Begitu terus sampai akhirnya saya nemu blog yang infoin kalo kita bisa cek online status dari visa yang sudah di submit ke kedutaan. Ini link cek status visa Korea Selatan . Jadi di link itu kita bisa cek dengan input nama sesuai passport dan no passportnya.  Type of application : Diplomatic Office dan pilih passport no. , tanggal lahir dan search. Berkali-kali statusnya masih dokumen sudah di terima, hingga pada tanggal 18 februari 2015 jam 3 siang ( padahal pas sebelum jam 12 udah cek juga tuh tapi hasilnya masih sama ), Alhamdulillah visa saya di approved. Yippi!!! Jadi nih berangkat ke Seoul, Korea Selatan.

Visa.go.kr


Dan langsung aja, saya nyanyi lagunya 2pm - Fly To seoul! hahahah saking girangnya.

Berarti mitos duit tabungan harus berpuluh-puluh juga itu nggak benar juga. Buktinya tabungan saya hanya 8 juta bisa tuh di approved visanya. Mungkin kedutaan Korea Selatan lihat semakin lama berada di Korea Selatan, artinya dana yang ada di tabungan juga harus banyak. So bisa di asumsikan seperti ini yah.

Cost/ hari asumsikan = Rp. 1jt.
Semakin lama berada di sana tinggal di kalikan saja.
Dan kebetulan saya hanya 7 hari maka = 7 hari x Rp. 1jt = Rp. 7. Dan itu saya tambahin Rp.1jt lagi buat jaga-jaga. Sebenarnya sih buat tambahan oleh-oleh heheh.

Tambahan aja nih, untuk tabungan selama 3 bulan terakhir itu harus di angsur yah setorannya, jangan 8jt di masukin sekali doank, artinya pihak kedutaan juga ingin lihat alur kas kita selama 3 bulan itu. Apakah memang ada uang masuk dan keluar selama 3 bulan ato nggak (  istilahnya jangan cuma nitip dana untuk apply visa doank).

Oia, untuk informasi biaya via travel agent untuk apply visa saya Rp. 675.000. Dan kalau urus sendiri jatuhnya lebih murah, hanya Rp.480.000 untuk kunjungan di bawah 90 hari.

So, dengan di approvednya visa saya.. packing-packing session pun di mulai heheheh..
Sstt.. see you next post untuk details trip saya yah minggu kemarin di Seoul, Korea Selatan.


XoXo
Vindri Prachmitasari

You Might Also Like

3 comments

  1. berapa hari kabar bahwa visa diapprove dari sejak aplikasi ditrima embassy?

    ReplyDelete
  2. berapa hari kabar bahwa visa diapprove dari sejak aplikasi ditrima embassy?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii..
      Waktu itu saya submit ke travel agent di tgl 7 Feb.2015 dan dari travel agent submit ke kedutaannya di tanggal 11 Feb. 2015. Approved kedutaan dapetnya tgl 18 Feb. 2015. jadi process kerjanya di kedutaan kurang lebih 7 harian. ^^

      Delete

Followers

Member of

Blogger Perempuan
ID Corners

Subscribe