.

Writing is Creating a New World

11:20:00 AM

Semalam di otak saya sempat berseliweran kalimat ini, “ menulis itu seperti menciptakan dunia baru yang belum pernah saya rasakan sebelumnya.”

Source : www.youtube.com ( Ost. Aladin's lyric)


Dan entah mengapa saya mengiyakan itu. Kenapa? Karna tokoh-tokoh yang banyak diciptakan oleh penulis kebanyakan ( tidak semua memang ) diluar dari apa yang pernah penulis rasakan. Contohnya. Seorang penulis membuat karakter pembunuh di cerita yang ditulisnya, dan penulis tersebut tidak harus menjadi pembunuh dulu untuk bisa merasakannya atau penulis itu bukan seorang pembunuh. Atau membuat tokoh seorang pecandu yang mungkin penulis itu bukan seorang pecandu ( walaupun beberapa ada mantan pecandu yang menulis buku pengakuannya sebagai bahan pembelajaran orang lain).

Tokoh-tokoh yang diciptakan oleh penulis itu hanya rekayasa namun harus dapat dipercaya. Kadang sebagai penulis, mereka menciptakan tokoh tersebut untuk bisa merasakan apa yang dirasakan oleh tokoh nyata. Kadang penulis harus beralih peran ganda atau semacam memiliki kepribadian ganda untuk menulis tokoh yang belum pernah mereka rasakan sebelumnya. Salah satu caranya adalah dengan melakukan riset. Mencari tahu seperti apa kehidupan nyata dari tokoh itu, meminjam karakter mereka dan menuliskannya ke dalam tulisan sehingga dapat dipercaya. Kadang saat penulis menciptakan tokoh dalam cerita mereka, tidak jarang mereka sering sekali merasakan apa yang tokoh tersebut rasakan. Seperti menangis merasakan penderitaan yang penulis ciptakan sendiri, marah, kecewa, sakit hati, bahagia dan bahkan sampai jatuh cinta pada tokoh rekaan mereka.

Sungguh nikmat menjadi penulis, karna bisa berpindah-pindah karakter ketika menulis. Menjadi karakter yang belum pernah dirasakan di dunia nyata penulis tersebut. Menjadi orang lain diluar dirinya. Merasakan apapun yang belum pernah ia rasakan sebelumnya walaupun tidak sekomplit perasaan tokoh di dunia nyata. But well, menulis itu adalah menciptakan dunia baru yang belum pernah dijajah oleh seorang penulis di dunia nyata.  Hanya satu kuncinya, bagaimana membuat karakter tersebut dapat dipercaya walaupun ini fiksi belaka.

You Might Also Like

0 comments

Followers

Member of

Blogger Perempuan
ID Corners

Subscribe