.

[ EDISI PENANG ] - 5 Cara Seru Menikmati Pulau Penang Yang Eksotisnya Bikin Jatuh Cinta.

12:24:00 AM

Bagi sebagian orang, Penang hanya terkenal untuk Medical Tourism atau wisata berobat saja. Selain harga tiket yang murah, rumah sakit di Penang juga menawarkan pengobatan yang murah dan tidak kalah bagus jika dibandingkan dengan rumah sakit di Singapura. Apalagi buat orang Indonesia yang tinggal di Pulau Sumatra yang sudah sering bolak-balik ke Penang untuk melakukan pengobatan di sana karna dari segi jarak lebih dekat dibanding harus ke Jakarta. Namun, selain menawarkan wisata berobat, Penang juga menawarkan wisata yang nggak kalah seru dengan kota-kota lain di Malaysia, seperti Kuala Lumpur dan Malaka.



Kota Penang yang beribukota di George Town, terletak di bagian barat semenanjung Malaysia, dapat ditempuh dengan penerbangan langsung dari Jakarta jika menggunakan Air Asia sebagai pilihan low cost carrier. Selain penerbangan langsung dari Jakarta, bisa juga dilakukan dengan jalur darat jika dilakukan dari Kuala Lumpur dengan menggunakan bus atau mobil dan kereta ETS ( Electronics Train Service) dari KLIA & KLIA 2.



Kota Penang merupakan negara bagian paling kecil di Malaysia, namun Kota Penang memiliki pesonananya sendiri yang tidak kalah menarik dengan kota lain di Malaysia. Bersama dengan Malaka, George Town juga ditetapkan sebagai World Hertige Site di tahun 2008 atau situs warisan dunia oleh UNESCO. Jadi, sudah jelas dong, Si Mutiara Hitam Dari Timur ini wajib banget dikunjungi.

Baca juga : [Tips] - 5 Hal Dasar yang Perlu Diketahui Ketika Traveling ke Penang Untuk Pertama Kali


Memiliki keberagaman budaya yang diwariskan oleh perpaduan budaya India, Peranakan Tiongkok, Budaya Barat, Melayu serta moderenisasi, membuat Penang begitu terasa eksotisnya. Lalu, adakah cara seru untuk menikmati Kota Penangdengan segala warisan budayanya? Tentu saja ada.



1. Menelusuri Kota Tua di George Town Dengan Berjalan Kaki.






Tidak ada yang mengecewakan dengan Kota Penang, apalagi dengan George Town-nya. Diwarisi dengan keindahan perpaduan arsitektur Tiongkok, Barat dan Melayu dan beberapa perpaduan bangunan India dan Arab, membuat semua bangunan di George Town terasa begitu eksotis. Tidak ada pengecualian sama sekali. Pilar-pilar khas penginggalan kolonial, jendela-jendela khas Melayu, serta atap bangunan yang khas Peranakan Tiongkok mampu memanjakan mata para turis. Duduk sejenak saja di depan bangunan tersebut sudah membuat kepuasan tersendiri bagi pengunjungnya.




Cara terbaik untuk menikmatinya adalah dengan berjalan kaki. Mungkin bagi beberapa orang yang tidak terbiasa berjalan kaki akan terasa berat. Tapi sungguh, this way is worth to try. Bagaimana tidak, jika sepanjang berjalan semua bangunanya begitu memikat mata dan sangat instagram-able. Seolah-olah semua bangunan saling bersaing untuk memancarkan pesonanya sendiri. Apalagi semua bangunan tuanya di sini masih sangat terawat dengan baik. Maka, berjalan-jalan mengitari George Town adalah pilihan yang tepat sambil sedikit berkhayal bagaimana jika kita bisa melihat bangunan ini sejak awal berdiri. Semacam time travel. Dan juga dengan jalan kaki lebih murah dan sehat lho.






2. Menikmati Kota Penang Dari Ketinggian di Penang Hill.






Penasaran dengan pemandangan Kota Penang jika dilihat dari ketinggian? Maka, tidak ada salahnya mencoba untuk melihatnya dari Penang Hill atau Bukit Bendera. Selain menawarkan pemandangan Kota Penang yang indah dilihat dari ketinggian, Penang Hill juga menawarkan udara yang sejuk dan segar serta bebas polusi dari ketinggian. Untuk menuju ke Penang Hill atau Bukit Bendera cukup mudah. Bisa menggunakan bus 204 atau dengan taksi online untuk mencapai lower station yang terlekat di daerah Ayer Item. 



Lalu, bagaimana perjalanan menuju puncaknya? Apakah akan sesulit para kontestan Akademi Fantasi yang pernah ditayangkan oleh salah satu stasiun tv swasta di Indonesia yang saat ini lebih banyak menyiarkan acara kompetisi dangdut? Oh, tentu tidak. Tidak ada proses angkat koper seperti peserta yang sudah dieliminasi, Kisanak! Karna cukup membayar MYR 30 per orang untuk perjalan pulang pergi menggunakan kereta khusus atau tram untuk sampai ke puncaknya.






3. Menikmati Indahnya Kek Lok Si - Kuil Buddha Terbesar Di Asia Tenggara.







Tidak jauh dari Penang Hill atau Bukit Bendera, terdapat sebuah Kuil Buddha terbesar yang dari jauh saja sudah terlihat megahnya. Menurut kabar yang beredar, Kuil Kek Lok Si adalah kuil Buddha terbesar di Asia Tenggara. Kuil Kek Lok Si juga terkenal sebagai kuil kebahagiaan Agung, dibangun selama periode 1890 sampai 1930 atas inisiatif dari Beaw Lean, yaitu biksu kepala dari Goddes of Mercy .




Bagian menarik dari Kuil Kek Lok Si adalah adanya pagoda Rama VI ( Pagoda Seribu Buddha ) yang berada yang terletak di bagian paling atas area kuil tersebut. Pagoda Rama VI berlantai tujuh dengan 10.000 patung Buddha dari pualam dan perunggu, dan patung perunggu dari Dewi Welas Asih - Kwan Yin yang tingginya 30.2 meter. Dan menurut situs Malaysia Travel arsiktektur pagoda ini mengawinkan bentuk dasar oktagonal Tionghoa dan pada bagian tengah mengambil gaya Thailand serta menggunakan atas bergaya Myanmar. Pantas saja, bentuk pagodanya berbeda dengan jenis pagoda yang biasa sering muncul di film Tionghoa atau acara jalan-jalan ke Tionghoa.





Tiket masuk ke Kuil Kek Lok Si gratis. Tapi jika ingin mengunjungi sampai ke pagodanya, maka harus membayar kurang lebih sebesar MYR 2. Sebenarnya, berada di bawah pagoda itu saja sudah cukup bagus kok pemandangannya. Apalagi Kuil Kek Lok Si yang berada di atas bukit, bikin pemandangannya jadi berasa di negeri atas awan.



4. Berburu Street Art Di Armenian Street.







Salah satu hal yang bikin Penang terkenal adalah karna di George Town banyak tersebar street art-nya. Lokasinya sebenarnya tersebar di beberapa tempat. Namun, yang paling terkenal berada di Jalan Armenian. Salah satu gambar mural yang terkenal adalah gambar dua anak kecil yang sedang mengendarai sepeda. Tidak hanya itu, masih di jalan yang sama, mural jenis lain juga banyak ditemukan di beberapa gang di Jalan Armenian.





Waktu terbaik untuk berburu street art adalah saat sore hari ketika matahari tidak terlalu menyengat seperti siang hari. Cukup berjalan kaki saja jika lokasi hotel berada di Jalan Penang, karna selain menawarkan street art, di kawasan ini juga menyajikan bangunan bersejarah yang sayang untuk dilewatkan.





Tidak dipungut biaya apa pun jika ingin sekedar berfoto di mural tersebut. Hanya saja harus cukup bersabar, mengingat banyak pengjunjung lain yang juga ingin mengabadikan foto mereka di mural tersebut.



5. Memanjakan Perut Dengan Mencoba Kuliner Khas Penang.



Kedai di Hawker Center Gurney Drive



Bukan traveling namanya jika tidak mencoba salah satu kuliner lokal khas suatu tempat. Selain menambah kaya rasa, makanan lokal juga memperkaya pengentahuan kita akan makanan yang ada di suatu tempat. Sebagai kota yang pernah dinobatkan sebagai The Best Street Food oleh majalah TIME, mencoba memanjakan perut yang kosong karna sudah menjelajah Kota Penang adalah sebuah kewajiban. Jadi tidak hanya mata saja yang bisa dimanjakan, perut juga harus. Karna makanan enak bisa membangkitkan mood untuk menjelajah tempat lainnya.


Mie Udang di Bee Hwa Cafe 


Lalu di mana saja tempat yang enak untuk memanjakan perut ketika lapar? Tenang, jika ingin merasakan enaknya makanan peranakan Tionghoa di Penang, bisa mengunjungi Bee Hwa Kafe yang terletak di Jalan Lebuh Dickens. Tenang saja, kafe ini menyajikan makanan Tionghoa yang halal, jadi pasti aman untuk dikonsumsi kaum muslim. Atau jika ingin merasakan Jimbaran khas Kota Penang, bisa menjajal pusat street food-nya di Hawker Center Gurney Drive. Di sini tersedia banyak jenis kedai makanan. Tinggal pilih saja. Mau makanan India ada, makanan Tionghoa ada, dan makanan Melayu juga ada. Mau yang halal atau yang non halal juga tersedia.

Rojak Cucur Pasembur di Hawker Center Gurney Drive


Soal rasa mah, nggak perlu ditanyakan lagi. Semuanya enak dan bikin hati senang karna murah di kantong. Saat itu saya sih mencoba Rojak Cucur Pasembur yang rasanya enak dan nggak bisa dilupain. Dan yang pasti saya belum pernah nemu di Jakarta.



Menikmati Kota Penang memang begitu seru dan menyenangkan. Bahkan saking menyenangkannya bisa bikin jatuh cinta lho. Karna kotanya sendiri yang nyaman, makanannya yang enak, wisatanya yang eksotis bikin ingin lebih lama lagi tingal di Penang. Kota Penang sendiri cocok untuk melepas penat karna kerja mulu bagai kuda di Jakarta, karna semuanya di sini terasa begitu lambat jadi merasa bahwa hidup itu memang harus dinikmati dengan santai.

Menceritakan Kota Penang kembali, bikin kangen ingin ke sana lagi.
Yuk ahh cuss, jangan kerja mulu.. ^^



See yaa!
Vindri Prachmitasari


Email                                  : vindri.prachmitasari@gmail.com
instagram                            : @veendoorie
Facebook Fans Page           :https://web.facebook.com/Vindri.Prachmitasari.Author


You Might Also Like

6 comments

  1. Kalau mau jelajah kota seperti ini kayaknya harus mempersiapkan kesehatan tubuh dengan baik ya, jadi pengeeeen ke Penang kayaknya seruuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener bgt mba. Krna di sana cuacanya panas kyk jakarta jd butuh tenaga extra supaya bisa keliling2 penang.
      Yukk, cari tiket murah..

      Delete
  2. Hai, Mbak! Thank you udah buat ulasan ini. Kebetulan sangat terbantu karena tahun ini sudah ada rencana mau ke Penang. By the way, rojak cucur itu isinya apa ya? Huehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak. Sama-sama :)
      Rujak cucur itu kayak batagor tapi ini isiannya banyak macam. Ada isian udang, ikan, cumi, dll plus ada irisan buah nanas dan mentimun lho.. di post saya sblmnya ada dijelasin kok lebih details.
      semoga membantu :)

      Delete
  3. Dulu sempet ke Penang, tapi belum tau ternyata ada Street Art seperti itu... Next time coba ah ke sana, terima kasih mba infonya! :D

    ReplyDelete

Followers

Member of

Blogger Perempuan
ID Corners

Subscribe