.

[ TIPS ] - 4 Tips Menjaga Kesehatan saat Traveling.

11:32:00 PM




Traveling di masa pandemik seperti sekarang ini seperti masih sulit untuk dilakukan. Berbagai macam birokrasi soal protokol kesehatan yang diwajibkan untuk berpergian jauh, kadang cukup menyulitkan kalau dilakukan dengan modal sendiri. Apalagi harga untuk melakukan rapid test bisa dibilang tidak murah bagi beberapa orang.

Saya pernah melakukan rapid test saat baru pulang dari Vietnam di pertengahan Maret 2020, karena memang diharuskan oleh kantor karna melakukan perjalanan dari luar Indonesia dan di negara yang memiliki jumlah kasus yang ( saat itu ) tidak sedikit sekitara 16 kasus, sebagai persyarataan agar bisa masuk kantor kembali. Biaya yang saya keluar kan saat itu untuk tes adalah sekitar 650 ribu-an rupiah. Memang, biaya tersebut bisa ditagihkan kembali ke kantor, namun melihat banyak waktu yang harus saya habiskan dalam sehari untuk proses tersebut cukup lama membuat sedikit ribet prosesenya.




Saat itu rumah sakit yang ditunjuk tidak sebanyak sekarang, sehingga antrian pasien yang ingin melakukan tes cukup banyak dan memakan waktu sekitar 1-2 Minggu untuk bisa melakukan tes setelah pendaftaran pertama. Dan Alhamdulillah, saya dinyatakan sehat oleh rumah sakit tempat saya melakukan tes tersebut, sehingga rasa cemas saya karna takutnya membawa virus Corona akibat perjalanan dari Vietnam hilang sudah.

Lalu bagaimana caranya menghilangkan rasa cemas ketika traveling? Mungkin tips ini akan berguna jika masa pandemik berakhir. Tapi, tidak ada salahnya untuk menyimpan tips ini sehingga saat traveling bisa digunakan lagi.

  • Menyesuaikan Itinerary dengan Kondisi Lapangan
  • Ini yang kadang cukup sulit dilakukan, karna saat traveling rasanya ingin semua tempat yang ada di tempat tujuan dikunjungi semuanya. Sehingga tidak ada waktu istirahat yang mengakibatkan tidak menikmati tempat wisata karna sudah terlalu lelah. Untuk itu, saat membuat itinerary, harus disesuaikan dengan kondisi cuaca dan lokasi di tempat tujuan agar tempat yang dikunjungi tidak terlalu menyita energi serta menghabiskan waktu diperjalanan. 

  • Menjaga Kesehatan dan Stamina Tubuh Sebelum Berangkat.
  • Ini penting banget dilakukan, karna kesehatan dan stamina harus fit ketika ingin melakukan perjalanan. Apalagi itu perjalanan yang memakan waktu yang lama sebelum sampai di tempat tujuan. Sudah pasti melelahkan. Sebaiknya mulai menjaga kesehatan dan stamina tubuh 2-3 Minggu sebelum perjalanan agar saat di tempat tujuan tidak berujung kelelahan yang akhirnya malah tidak bisa mengunjungi tempat wisata. Oia, minum vitamin juga wajib untuk menjaga daya tahan tubuh. 

  • Membawa Obat-obatan dari Rumah
  • Menyiapkan obat-obatan dari rumah adalah kunci untuk tetap bisa terhindar dari penyakit yang mungkin akan diderita selama traveling di tempat tujuan. Bisa sakit kepala, migrain, diare atau terkilir semua hal bisa saja terjadi. 

    Saya ingat banget saat traveling ke Korea Selatan, saya sempat cedera di pergelangan kaki karna sempat terjatuh dari tangga hingga menyebabkan kaki saya bengkak selama berhari-hari dan itu menyakitkan. Untungnya saya sudah menyiapkan beberapa obat-obatan dari Indonesia, seperti obat sakit kepala, masuk angin/flu, termasuk pereda nyeri otot dll yang bisa menyelematkan rasa sakit saya akibat terkilir tersebut. 

    Bayangkan jika saya tidak menyiapkan obat-obatan tersebut dari rumah, bisa jadi saya akan kesusahan untuk mencari jenis obat yang dimaksud di negera tujuan karna bedanya komunikasi dan pengertian dari warga lokal di negara tersebut. Dan pada akhirnya bakal membuat saya harus terus menerus berada di hotel. Nggak banget kan? 

  • Memasang Aplikasi Kesehatan di Ponsel.
  • Tidak ada salahnya untuk menyiapkan segala sesuatu sebelum hal buruk terjadi. Seperti memasang aplikasi konsultasi kesehatan gratis di ponsel. Contohnya seperti aplikasi Halodoc. Karna untuk konsultasi langsung dengan dokter di luar negeri atau kota lain saat traveling, sudah pasti bikin ribet. Dan jelas akan menggangu rencana perjalanan yang sudah dibuat sebelumnya.

    Untuk itu aplikasi Halodoc ini memudahkan penggunanya untuk bisa tetap melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter di mana pun berada. Mau di Indonesia, ataupun ketika sedang traveling ke luar negeri. Baik dokter umum maupun spesialis selama 3 menit secara gratis. Yang penting tetap terhubung dengan internet. Tidak hanya itu saja, beberapa artikel kesehatan sangat membantu bagi penggunanya yang ingin mendapatkan informasi seputar kesehatan. 

    source : RS. Mayapada Tangerang

    Nah, apalagi pas lagi pandemik gini, kebutuhan informasi soal Covid 19 baik itu cara pencegahan ataupun ingin mengetahui rumah sakit mana saja yang di sekitar tempat tinggal yang bisa melakukan tes Covid 19, bisa dengan mudah ditemukan di Halodoc. Jujur aplikasi ini memudahkan bagi yang nggak bisa kemana-mana saat pandemik seperti ini tapi tetap bisa berkonsultasi kesehatan dengan dokter via online.

    source :RS Mayapada Tangerang

    Sebagai contoh Rumah Sakit Mayapada Tangerang yang beridiri sejak tahun 2008 yang beralamat di Jalan Honoris Raya No. 6 Kelapa Indah Kecamatan Tangerang, Tangerang Banten. Rumah sakit ini menyediakan berbagai layanan kesehatan yang didukung dengan peralatan medis yang lengkap serta terbaru, serta tenaga medis yang profesional yang siap membantu pasien selama 24 jam. Tidak hanya itu, rumah sakit ini juga menyediakan poliklinik untuk fasilitas tes Covid-19 yang berupa pengecekan darah beserta informasi harga untuk melakukan prosedur kesehatan tersebut. Bagi yang tinggal di sekitaran Tangerang, rumah sakit ini bisa banget dijadikan rujukan untuk tempat melakukan tes Covid-19.

    Untuk informasi lebih lanjut bisa membuka pranala RS Mayapada Tangerang . Semuanya bisa didapatkan di dalam website atau aplikasi Halodoc. Cukup satu tapi sudah mampu menjangkau semuanya, bahkan untuk reservasi dokter sekalipun lho.   
Traveling memang membutuhkan persiapan yang matang,baik dari segi dana, rencana perjalanan, barang bawaan bahkan kesehatan, agar perjalanan tetap lancar dan bikin stres hilang. Traveling adalah tentang menikmati bukan membebani. Makanya masalah kesehatan juga tetap harus jadi fokus selama travelng juga. Itulah beberapa tips yang semoga berguna untuk digunakan saat akan traveling nanti ketika pandemik ini selesai. Semoga bisa segera traveling.

Keep safe and healty.

Vindri P.

Instagram               : @veendoorie
Email                      : vindri.prachmitasari@gmail.com



You Might Also Like

0 comments

Followers

Member of

Blogger Perempuan
ID Corners

Subscribe