}); [ Artikel ] – Ketika Kangen Jajanan Khas Semarang, Kueh Moaci Gemini Semarang Hadir Secara Online Untuk Mengurangi Rasa Kangenmu. | I AM GONNA TELL YOU MY STORY [ Artikel ] – Ketika Kangen Jajanan Khas Semarang, Kueh Moaci Gemini Semarang Hadir Secara Online Untuk Mengurangi Rasa Kangenmu. - I AM GONNA TELL YOU MY STORY

.

[ Artikel ] – Ketika Kangen Jajanan Khas Semarang, Kueh Moaci Gemini Semarang Hadir Secara Online Untuk Mengurangi Rasa Kangenmu.

3:50:00 PM

Ketika sedang pandemik seperti ini, banyak hal yang dikangenin.  Mulai dari kumpul-kumpul sama temen, nonton bioskop, pamerin lipstick baru ke temen dan terakhir adalah traveling. Ngomongin traveling, sudah setahun lebih saya nggak melakukan traveling bahkan merencanakannya pun nggak. Karna saya masih takut untuk mengambil resiko perjalanan jauh ke tempat baru sampai akhirnya duitnya kepakai buat kebutuhan yang lain haha. Paling, saya hanya melakukan staycation sehari semalam di sebuah hotel yang tidak jauh areanya dari Jakarta. Padahal, ketika penerbangan internasional yang masih ribet soal proses karantina baik di negeri tujuan maupun ketika balik, traveling ke dalam negeri justru menggiurkan.



Namun, jika sedikit menghayal untuk traveling ke daerah di Indonesia, tempat pertama yang ingin saya kunjungi adalah Semarang. Kenapa? Karna kalau traveling ke Semarang itu nggak pakai mikir soal ongkos transportasinya. Cukup menggunakan kereta dan semuanya akan baik-baik saja. Selain itu karna saya sudah jatuh cinta pada pandangan pertama ketika di tahun 2018 saya mengunjunginya. Semarang itu bagi saya paket lengkap. Mulai dari tempat wisata, tempat  bersejarah, kota besar yang tidak terlalu crowded sampai makanannya yang selalu enak.

Saya selalu ingat ketika saya masih di kantor lama, di sebuah perusahaan freight forwarding Jepang di Jakarta. Saat itu, salah satu manager di kantor saya sering berpergian ke Semarang untuk perjalanan dinas. Dan saya beserta karyawan lain selalu meminta dibawakan makanan khas Semarang, yaitu kueh moaci. Dan selalu seperti itu. Sehingga akhirnya saya tahu kalau kueh moaci Semarang, memang yang   paling enak dan menjadi panganan wajib yang dibawa pulang ketika berkunjung ke Semarang.

 

Sejarah

Ada satu merek kueh moaci yang paling saya ingat ketika berkunjung ke Semarang, yaitu Kueh Moaci Gemini Semarang. Kueh Moaci Gemini adalah sebuah merek kueh moaci yang sudah berumur 35 tahun lho. Diciptakan oleh Ny. Sri Harsini/ Tjia Sien Nio di tahun 1985. Awal mulanya, kueh moaci bentuknya dahulu tidak bulat seperti sekarang ini, melainkan lonjong dan dipotong-potong beberapa bagian. Moaci dahulu hanya berbalut bubuk tepung dengan isi kacang. Bubuk tepung dari kueh moaci menempel ketika dimakan dan membuat beberapa pelanggan tidak nyaman saat menikmati. Dari sinilah Ny.Sri Harsini membuat ide untuk membuat kue moci berbalut wijen. Pengembangan itu tidak membuat bibir ditempeli bubuk tepung.




 

Penjualan

Proses penjualan Kueh Moaci Gemini sendiri dulunya hanya dititip jualkan di toko-toko roti kecil di wilayah Pecinan dan juga tetangga-tetangga sekitar. Nama Kueh Moaci Gemini makin dikenal sebagai camilan oleh-oleh dari Semarang ketika para tetangga  mulai memesan untuk dibawa keluar kota untuk diberikan kepada keluarganya di sana.

Kini Kueh Moaci Gemini Semarang sudah menjadi salah satu panganan khas yang harus dinikmati. Dr Hantanto, putra Ny. Sri Harsini, sebagai penerus dari Kueh Moaci Gemini, terus membuat inovasi untuk Kueh Moaci Gemini Semarang.  Terbukti kini variasi kueh moaci tidak melulu harus berisi kacang lho. Sekarang sudah ada varian isi cokelat bagi penggemar cokelat.


Tekstur



Bagi yang belum pernah coba, tekstur Kueh Moaci Gemini ini selalu khas dan konsisten, yaitu kenyal dan padat namun tidak lengket. Nggak pelit deh soal isian kacangnya. Jadi ketika pertama kali gigit, isian kacangnya sudah bisa terasa di lidah. Dan yang paling penting, isian kacangnya itu halus tidak kasar dan tidak mudah jatuh berserakan ketika dimakan. Mungkin ini karna Kueh Moaci Gemini menggunakan kualitas bahan baku terbaik untuk mempertahankan keontentikasiannya. Jadi, hasilnya nggak kaleng-kalengan.

 

Toko


Kini, toko pusat Kueh Moaci Gemini sudah pindah ke Jalan Kartini Raya sejak tahun  1980-an, untuk menjawab permintaan konsumen. Selain itu, Kueh Moaci Gemini juga memiliki toko cabang Madukuro di Ruko Semarang Bizpark A5.

Berikut adalah alamat yang menjual toko Kueh Moaci Gemini yang asli :

Toko Pusat : Jl Kartini Raya no 19 dan

Toko Cabang : Jl. Madukoro Raya , Ruko Bizpark blok A5 (arah menuju bandara A.Yani Semarang)

Website  : https://moacigemini.id

Order online : http://moacigemini.id/pemesanan/

Instagram : https://www.instagram.com/moacigeminisemarang/


Kemasan

 


Kueh Moachi Gemini sendiri memiliki ciri khas dari kemasannya yang berwarna merah dengan ornamen keemasan khas Cina Peranakan karna memang awalnya Kueh Moaci Gemini dijual terletak di daerah Pecinan kota Semarang sehingga kueh moachi dikenal dan terlihat kultur Cina Peranakannya.

 

Sudah Bersertifikasi Halal


Oia, jangan khawatir soal kehalalannya. Kueh Moaci Gemini sudah bersertifikasi halal sejak tahun 2018 dan itu bisa dicek di website MUI bahkan di kemasannya sendiri sudah terdapat label halal lho, jadi tidak perlu khawatir lagi.

 

Penjualan Online



Dan ketika saya kangen dengan Kueh Moaci Gemini, order via online adalah jalan ninjaku. Tinggal klik website Kueh Moaci Gemini, pilih jenis moaci, bayar, kirim dan tinggal duduk manis untuk menunggu paket kueh moaci nya tiba.

  

Jadi, nggak ada lagi ceritanya nggak bisa nikmatin makanan khas Semarang. Semuanya sudah terfasilitasi dengan baik saat ini. Edisi kangen Semarang, bisa segera terobati deh.

 

Stay healthy & Stay Safe

Vindri Prachmitasari

 

Email   : Vindri.prachmitasari@gmail.com

IG       : @veendoorie

You Might Also Like

0 comments

Followers

Member of

Blogger Perempuan
ID Corners

Subscribe