.

[ Book ] – Suka Membaca? Ini Dia 6 Aplikasi Baca Favorit Untuk Membaca Buku Digital via Smartphone dan Tablet.

1:07:00 PM

Selama pandemik berlangsung, saya selalu menghabiskan waktu di rumah. Tidak ada rencana traveling dalam waktu dekat, bekerja dari rumah sampai sekarang serta jarang ke toko buku lagi. Semua itu dilakukan karna Covid-19 yang tidak jelas sampai kapan berakhirnya. Hingga akhirnya membuat minat baca buku saya yang dulu pernah ada, lalu hilang karna kesibukan dan akhirnya muncul lagi karna mau tidak mau harus dimunculkan karna I do not know what to do next...


Photo : Canva


Sedih sih, mengingat biasanya hampir tiap akhir pekan saya selalu menghabiskan waktu berjam-jam di toko buku, hanya untuk mencari buku apa yang sedang terbit saat ini, buku apa yang sedang best seller, serta ada cerita apa yang saya temukan di balik blurb buku yang dipajang. Walaupun kenyataannya saya masih bisa membeli buku secara online atau membaca tumpukan buku yang masih belum tersentuh di rumah, tapi nikmatnya ke toko buku itu sudah jarang saya nikmati lagi. Kadang, butuh waktu berjam-jam untuk memutuskan buku apa yang layak dibawa pulang.

Kejenuhan yang melanda, mau tidak mau harus memanfaatkan teknologi digital yang sudah saya tahu dari dulu namun tidak saya gunakan secara maksimal. Beberapa aplikasi buku digital akhirnya saya aktifkan lagi, demi memudahkan saya untuk membaca buku. Mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Apalagi, beberapa tahun ini minat baca saya sudah sedikit berubah. Jenis buku yang dulu saya gemari kini terasa hambar. Bahkan tumpukannya belum tersentuh sampai sekarang. Mungkin karna semakin berumur, jenis buku bacaan yang digemari juga semakin berubah. Seperti butuh asupan yang lebih bernutrisi bagi otak. Yaa, walaupun fiksi romansa juga baik buat jiwa dan dunia khayal saya, tapi kini hanya sesekali saja saya tengkok. Makanya, variasi jenis buku pun saat ini tidak melulu buku lokal saja, tapi lebih ke internasional.

Dan akses untuk mendapatkan hal itu saya temukan di beberapa aplikasi baca online via smartphone atau tablet.

Nah, berikut adalah beberapa rekomendasi apliasi baca digital atau e-book  yang bisa menjadi penyelamat saya dikala tidak ada jenis buku yang menarik perhatian saya.



Amazon Kindle


Photo ; Canva


Pasti bagi pecinta e-book aplikasi ini sudah familiar terdengar, bahkan harus ada di dalam smartphone atau tablet. Sejatinya Kindle E-book sendiri adalah aplikasi baca atau e-reader  yang dimiliki oleh Amazon yang biasanya sudah terintegerasi dengan table Kindle sendiri. Nah, bagi yang tidak memiliki table Kindle, Kindle E-book juga bisa dinikmati bagi pemilik tablet android atau IOS. Memang, bagi  pemilik table Android dan IOS harus masuk ke website Amazon book dulu untuk bisa membeli bukunya dan setelah itu baru bisa dibaca di aplikasi Kindle E-book. Ssstt, kadang-kadang Amazon Book suka kasih diskon gede-gedean lho untuk e-book nya, bahkan ada yang gratis lho.

Apps : Free download, Android and IOS

Harga : tergantung dari harga e-book di Amazon Book, bahkan suka kasih diskon sampai gratis lho untuk beberapa jenis e-book.

Membership : Kindle Unlimited ( di Indonesia belum tersedia )


Bookmate


Photo : Canva


Ini seperti perpustakaan digital sih kalau saya bilangnya, karna cara penggunaannya kita hanya bisa baca buku di aplikasi Bookmate itu sendiri. Jenis bukunya beragam, mulai dari Indonesia hingga Internasional. Caranya? Tinggal ubah aja lokasi baca yang diinginkan. Jika ingin baca buku berbahasa Inggris tinggal ganti lokasi aja, cari buku yang diinginkan, terus unduh dan baca di aplikasinya.

Jika ingin buku yang lagi happening di luar negeri, bisa banget cari di sini. Dan enaknya nggak ada batas pengembalian buku gitu.  Dan bukunya tidak terbatas sama banyaknya peminjam yah.

Apps : Free Download, Android & IOS

Book : Free

Membership : IDR 45.000 / Bulan


Scribd


Photo : Canva


Jika di Bookmate buku berbahasa Inggris belum tersedia, maka pelarian saya jatuh ke Scribd. Di sini bukunya lengkap banget. Penulis buku luar yang terkenal bukunya bisa didapatkan di sini. Modelannya sama kayak Bookmate, hanya bisa di baca di aplikasi Scribd saja dan unlimited lho. Bebas mau baca berapa banyak buku. Dan selalu update bukunya. E-reader nya juga cukup menarik dan cukup eye friendly dan terdapat pengaturan pencahayaan, huruf, bisa share quote dll.

 Apps : Free download , Android & IOS

Membership : USD 9.99 + VAT per bulan


Google Playbook


Photo : Canva


Kalau aplikasi ini pasti bagi pengguna smartphone dan table Android pasti punya. Karna di Google Play bis abaca buku digital mulai dari penerbit lokal hingga luar negeri. Bahkan Google Playbook sering banget kasih voucher diskon untuk pembelian buku mana pun. E-readernya enak, lembaran saat dibalik bisa mengalir seperti baca buku fisik. Pencahayaan bukunya bisa di setting juga.

Apps : Free, Android only

Book : tergantung dari penerbit untuk tiap bukunya.


Ijakarta


Photo ; Canva


Ini jenis perpustakaan lokal milik Indonesia. Buku-bukunya kebanyakan dari penerbit lokal sih, dan ada jangka waktu pinjamnya, biasanya tiga hari saja sejak hari peminjaman. Dan gratis. Cuma yaa itu terkendala waktu baca yang kadang banyak distraksi sehingga tiba-tiba buku udah balik ke Ijak lagi. Dan juga buku digitalnya terbatas jumlah peminjamnya, artinya jika lagi kosong, yaa masuk daftar antrian buat bisa minjam lagi. Jadi kudu garcep buat sering cek data buku yang diinginkan. Sama, di sini kita bisa donasi buku digital lho, jadi nambah kuantitas buku di Ijak.

Apps : Free , Android & IOS

Membership : free


Gramedia Digital


Photo : Canva


Bagi pembaca setia buku terbitan Kompas Media atau lebih khususnya Gramedia, aplikasi baca satu ini nggak boleh terlewat. Karna bisa baca buku terbitan Gramedia dan Kompas group sepuasnya tanpa Batasan dan pusing masalah waktu pengembalian. Cukup bayar biaya langganan dan semua jenis e-book yang ada di aplikasi bisa dibaca.

Lalu bagaimana interface aplikasinya. Sebenarnya cukup sederhana sih, nggak bikin ribet. Prosesnya tinggal unduh e-book yang mau dibaca, lalu cek di bagian library terus klik buku tersebut dan tinggal baca deh. Memang e-readernya belum secanggih kindle, bookmate, atau scribd  yang bisa quote isi buku ke media sosial lainnya, untuk Gramedia Digital masih belum bisa melakukan hal itu.

Apps : Free , Andoid & IOS

Membership : IDR 89.000 untuk semua buku terbitan Kompas Group termasuk Gramedia dan tidak terbatas genre.

 

Saat ini pencinta buku banyak banget dimudahkan untuk mendapatkan bahan bacaan yang lebih cepat dan mudah. Memang beberapa di antaranya harus menjadi anggota dan tidak gratis, tapi saya rasa itu sepadan dengan jenis bacaan yang banyak serta tersedia sepanjang waktu tanpa harus menunggu orang lain selesai baca. Saat ini saya di posisi bahwa membaca itu bukan perkara buku fisik atau digital lagi. Tapi, bagaimana saya bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan dengan mudah, nyaman, serta nggak bikin pusing. Mau buku fisik atau digital, saya mah bebas. Semuanya punya porsinya masing-masing.

 

Stay Healthy & Stay Safe

Vindri Prachmitasari

 

Email : Vindri.prachmitasari@gmail.com

IG      : @Veendoorie

 

 

 

 

 

You Might Also Like

2 comments

  1. Sejak pandemi aku juga beralih ke digital Mba, rata2 buku yang aku baca sekarang adalah versi ebook. Lebih murah tentunya dan enak juga gak butuh rak gede-gede untuk nyimpen bukunya. Paling sering sih pake Gramedia Digital dan Google Play Book, soalnya paling sering dapet diskonan di 2 aplikasi ini hahaha kalo kindle harus setting alamat luar dulu sih biar dapet deals yang enak banget makanya kadang agak jarang make yang ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, nggak butuh rak gede kalau baca e-book mengingat udah ga ada space lagi di rumah buat taruh buku, sama gampang dibawa ke mana-mana juga jadi nggak ribet.

      Delete

Followers

Member of

Blogger Perempuan
ID Corners

Subscribe