.

[ Jalan-jalan Virtual ] – Jalan-jalan Virtual ke Lokasi Syuting Drama Vincenzo di Korea Selatan

10:41:00 PM

Nelangsa dan hampa. Itu yang saya rasakan ketika drama favorit saya tamat di hari Minggu kemarin. Drama Korea yang tidak biasa menurut saya, karna mengusung semua genre di dalamnya. Ada komedi, slow burn romance, thriller, action, law, crime dan slice of life. Memang sih, di situs resminya sendiri infonya drama ini ber-genre dark comedy dan action, tapi saat menontonnya menurut saya semua genre dimasukin jadi satu dan nggak tumpang tindih. Justru menarik dan banyak pesan moral di sana, yang sama sekali tidak menggurui tetapi pesan tersebut menempel di otak.


Foto : Dokumen TvN/Netflix


Bercerita tentang seorang mafia Italia yang berdarah Korea Selatan, yang sejak kecil sudah diadopsi oleh keluarga Itali karna suatu lain hal harus kembali ke Korea Selatan untuk melakukan sesuatu di sana. Bagi yang belum nonton, saya rekomendasikan untuk menontonnya. Tersedia di Netflix lho dan selalu mencetak rating bagus tiap Minggunya di Netflix maupun di jaringan tv kabel Korea ‘ TvN’.

Selain ketampanan yang ditawarkan dari si aktor Song Joong Ki yang berperan sebagai Vincenzo seorang mafia Italia, drama Vincenzo yang merupakan comeback aktor tersebut juga menawarkan lokasi syuting yang belum banyak diketahui orang banyak. Beberapa dari lokasi syuting tersebut layak untuk dikunjungi ketika pandemik berakhir atau ketika Korea Selatan sudah memberikan keringanan untuk bisa masuk ke negeranya tanpa harus isolasi selama 14 hari.

Karna sekarang masih belum bisa, bagaimana kalau kita jalan-jalan secara virtual dulu nih ke lokasi syuting drama Vincenzo di Korea Selatan.


1.  Common Ground Shopping Mall

Adalah sebuah Kawasan perbelanjaan terbesar di dunia yang bangunannya menggunakan container sebagai area di pusat perbelanjaan tersebut. Berdiri sejak tahun 2015, Common Ground sendiri dirancang sebagai area budaya muda dan inovatif yang menghubungkan beberapa merek khusus dan beragam pengalaman.


Foto : Dokumentasi TvN/Netflix

Foto : Dokumentasi TvN/Netflix


Foto : Google Map
Exit 3, Stasiun Subway Konkuk University

                                     
Foto : Google Map
Jalan sekitar 3 menit setelah keluar dari Stasiun Konkuk University Exit 3

Foto : Google Map
Common Ground ada di sebelah kiri yah.



Foto : Google Map


Lokasi ini juga yang digunakan oleh Song Joong Ki dan Jeon Yoe Been di episode 5 saat mereka sedang membahas strategi untuk mengalahkan Babel Group.

Address :

05071  200, Achasan-ro, Gwangjin-gu, Seoul  

How to get there :

Konkuk University Station (Line 2/Line 7) Exit 3, walk in 3min. distance


2.  Sewoon Cheonggye Arcade

Drama Vincenzo sendiri Sebagian besar lokasinya berada di Geumga Plaza yang menjadi asal muasal masalahnya. Dan Geumga Plaza sendiri aslinya adalah sebuah Gedung bernama Sewoon - Cheonggye Arcade adalah sebuah blok apartment dan Gedung yang berisi toko elektronik  yang terkoneksi dengan Sewoon Plaza melalui sebuah jembatan.


Foto : Dokumentasi TvN/Netflix

Foto : Dokumentasi TvN/Netflix



Foto : Google Map

Address :

162 Cheonggyecheon-ro , Jung-gu, Seoul , South Korea

How to get there :

Euljiro 4 – ga Station, Seoul Subway Line 2/5 Exit 3



3.  Grandpa Factory Café

Masih ingat adegan pengacara Hong Cha Young dan Vincenzo akhirnya berkolaborasi untuk menghancurkan Babel Group di sebuah cafe? Atau café  di mana Hong Cha Young memesan Ice Americano dan Vincenzo bilang, itu seperti air comberan? Nah di café ini adalah lokasinya.

Foto : Dokumentasi TvN/Netflix


Grandpa Factory Café adalah sebuah café yang menyajikan makanan western yang mendeskripsikan café mereka sebagai cultural space. Di dalam café ini terdapat rumah pohon yang berada di halaman depan dan juga memiliki jendela balok yang besar.

Address :

9 Seongsuiro 7(chil)ga-gil, Seongsu-dong 2(i)-ga, Seongdong-gu, Seoul, South Korea

How to get there :

Seongsu Station [성수역], Seoul Subway Line 2, Exit 3

(7 min. walk)


 

4. Doori Land

Di sini nih, lokasi adegan yang bikin ngakak sedunia. Kisah cinta Hwang Min Seong dengan Vincenzo mulai bersemi. Sumpah, saya nggak pernah bisa percaya bahwa adengan di sini bikin perut saya seperti dikocok plus berasa geli sendiri. Karna di sini Vincenzo sedang nyamar, berpura-pura suka dengan Hwang Min Seong seorang direktur bank yang selalu melakukan kekerasan pada pacar laki-lakinya.


Foto : Dokumentasi TvN/Netflix


Tempat kencan mereka adalah di sebuah taman bermain. Sebuah taman bermain yang dimiliki oleh aktor veteran Korea Selatan yang bernama Im Chae Moo. Bahkan aktor tersebut juga jadi cameo di drama Vincenzo sebagai pemeriksa tiket masuk. Berlokasi di sebuah desa Ilyeong di kota Yangju Jangheung menawarkan taman tematik yang sering sekali dijadikan lokasi syuting.

Foto : Dokumentasi TvN/Netflix



Address :

120 Gwonnyul-ro, Jangheung-myeon, Yangju-si, Gyeonggi-do, South Korea

How to get there :

Ganeung Station [가능역], Seoul Subway Line 1, Exit 1

OR

Heungseon Station [흥선역], U Line

(Best to take a taxi from here)



5.  Sun Moon University, Cheonan Campus

Bangunan ini sering kali jadi latar gedung pengadilan di drama Vincenzo. Nggak heran sih, karna pilar-pilar besar bergaya Eropa memang cocok jadi simbol sebuah gedung pengadilan. Walaupun sebenarnya gedung ini bukan gedung pengadilan, namun sebuah kampus di Cheonan yang bernama Sun Moon University.

Foto : Dokumentasi TvN/Netflix


Foto : Dokumentasi TvN/Netflix


Address :

277 Cheonan-daero, Cheonan-si, Chungcheongnam-do, South Korea

How to get there : 

Ssangyong (Korea Nazarene University) Station [쌍용(나사렛대)], Seoul Subway Line, Exit 1

(8 min. by taxi; 26 min. by bus)


6.  Byukchoji Garden

Tempat ini memang sering banget jadi lokasi syuting beberapa Korean drama, nah ternyata lokasi ini juga digunakan oleh drama Vincenzo saat Vincenzo, Hong Cha Young dan Ibu Vincenzo jalan-jalan di taman. Dan di taman ini juga Vincenzo nangis sesegukan karna ternyata Ibu nya merasa bersalah kepada Vincenzo karna meninggalkannya di panti asuhan.

Foto : Dokumentasi TvN/Netflix

Foto : Dokumentasi English.visitkorea.or.kr


Setelah melihat lokasinya di website Visitkorea.or.kr , tempatnya bagus banget. Nggak heran sih sering dijadikan lokasi syuting. Karna taman tematik ini memiliki 27 tema taman  baik yang beruansa oriental atau pun nuansa negeri barat serta terdiri dari 1.000 lebih jenis tanaman serta menawarkan pemandangan yang cantik.

Address :

242 Buheung-ro, Gwangtan-myeon, Paju-si, Gyeonggi-do, South Korea

How to get there :

[Subway + Bus]

Samsong Station (Seoul Subway Line 3), Exit 8. Cross the large intersection 80 m ahead.

Take Bus No. 703 and get off at Gwangtan Samgeori (3-way Intersection) Bus Stop.
Transfer to Bus No. 15 or 67 and get off at Domasan Elementary School Bus Stop.
Byeokchoji Gardens is located across the street.

HTM :

Individual                                    : 9.000 Won / orang

Remaja                                         : 7.000 Won / orang

Anak-anak dan warga senior : 6.000 / orang

Operating Hours:

December-February 10:00-17:00 (last ticketing 16:00)

March & November 09:30-18:00 (last ticketing 17:00)

April & September-October 09:00-19:00 (last ticketing 17:30)

May-August 09:00-19:30 (last ticketing 18:00)

 

7.  KT & G Sangsang Madang Chuncheon

Tempat ini bakal jadi lokasi yang nggak terlupakan bagi Chenca couple. Karna di lokasi ini yang di dalam dramanya adalah sebuah galeri seni menjadi saksi adegan ciuman mereka untuk pertama kali. Dan saya ingat banget, lokasi ini ada di episode 14, yang belum nonton, go watch it now!

Foto : Dokumentasi TvN/Netflix

Sebenarnya lokasi ini adalah sebuah komplek budaya KT & G Sangsang Madang di Chuncheon yang terdiri dari ruang pameran, bioskop dan toko desain dan aula pertunjukkan music, galeri, studio foto serta outdoor teater dan juga terdapat hotel Sangsangmadang Chuncheon Stay Hotel .

Dulunya adalah sebuah aula yang dikhususkan untuk anak-anak di tahun 1980-an sebelum akhirnya dibuka Kembali menjadi komplek budaya di tahun 2014. Jauh sebelum menjadi lokasi syuting Vincenzo, tempat ini seringkali dijadikan lokasi film juga.

 Address :

25, Sportstown-gil 399beon-gil, Chuncheon-si, Gangwon-do, South Korea

How to get there :

Namchuncheon Station [남촌천역], Gyeongchun Line

(Best to take taxi or bus from here)

 

8.  Dongdaemun Design Plaza ( DDP )

 

Di episode 20, adalah episode yang menentukan apakah Chenca couple bakal berlayar atau tidak. Dan terima kasih kepada penulis skenario Vincenzo ‘ Park Jae Beom ‘ yang memberikan kebahagian bagi dua pasangan ini untuk saling mengungkapkan perasaan masing-masing walaupun tidak diceritakan akhir untuk keduanya bagaimana, walaupun caranya tidak seperti drama kebanyakan, ini cara mafia Italia yang bikin banyak penonton takjub dengan kata-katanya. Dan akhirnya ada adengan ciuman lagi yang wow.. cantik banget.. nggak seperti adegan ciuman di drama kebanyakan, ini intens, penuh kerinduan, serta cinta yang udah lama ditunggu-tunggu.


Foto : Dokumentasi TvN/Netflix


Apalagi sinematografinya nggak kalah keren. Nah kebetulan lokasi adegan di episode terakhir ini terletak di Dongdaemun Design Plaza ( DDP ) yang pasti sudah sering dikunjungi sama traveler lainnya, Cuma ini akhirnya hype lagi karna drama ini. Karna memang bangunan ini ikonik sekali.

Di desain oleh arsitek kenamaan dunia, Zaha Hadid, DDP adalah salah satu arsitektur terbesar di dunia. Terdiri dari lima aula, yaitu aula seni, museum, laboratorium desain, pasar desain serta taman Dongdaeumun History & Culture.

Address :

04566  281, Euljiro, Jung-gu, Seoul (Euljiro 7-ga) 

How to get there :

[Subway]

Dongdaemun History & Culture Park Station (Seoul Subway Line 2, 4 ,5), Exit 1

HTM :

Free ( akan muncul biaya tergantung dari jenis acara yang diselenggarakan)

 

Sampai hari ini juga, drama ini membekas banget di saya. Jadinya saya belum berani nonton drama dengan tema yang sama atau drama lainnya yang baru tayang, selain mencoba menghabiskan drama on going lainnya yang sudah saya nonton berbarengan dengan drama Vincenzo. Sebenarnya masih banyak sih, lokasi yang digunakan untuk syuting drama Vincenzo. Cuma yaa, saya hanya sebutkan beberapa lokasi yang ikonik saja, yang mudah untuk dikunjungi jika nanti bisa jalan-jalan ke Korea Selatan lagi. Saat ini informasi ini bisa disimpan buat nanti yah.

Oia, Mohon maaf lahir dan bathin, Fellas! Selamat lebaran ^^


Source information : English.visitkorea.or.kr & Koreandramaland.com

 

Stay safe & healthy

Vindri Prachmitasari

 


Instagram    : @veendoorie

Email          : Vindri.prachmitasari@gmail.com










You Might Also Like

0 comments

Followers

Member of

Blogger Perempuan
ID Corners

Subscribe