.

Writer's block

10:19:00 PM

There is one thing i hate the most is when my capability as Writer get stuck aka Writer's block. Gggrrhhh...
Hal ini adalah hal yang paling bete. Karna udah ngubek-ngubek duduk di depan lampy tapi yang namanya ilham bin ide belum juga muncul. Gosh! Ngeselin nggak tuh?!

Akhir cerita udah di otak, tapi untuk nyambungin sebelum sampai ke akhir cerita itu kok kayaknya susah banget. Apalagi pas setiap mulai nulis, kok kata demi kata serta kalimat demi kalimat yang udah terangkai di otak itu beda dengan apa yang saya tuliskan pada lampy saya. Kayaknya kalimatnya nggak pas aja buat di tulis. So, kata penulis hebat jika seorang penulis sedang mengalami kondisi seperti ini maka ada beberapa cara untuk mensiasatinya.

  • Free senjenak dari rutinitas nulis yang hampir setiap hari saya lakuin. Mungkin karna saya merasa jenuh dengan draft yang belum juga kelar dari dulu. Yaa, secara tema, isi cerita dari draft novel saya ini sedikit berat dari novel saya sebelumnya. Gimana caranya menghidupkan 3 karakter utama dalam satu novel dengan kehidupan yang berbeda.
  • Mulai melahap kembali buku-buku yang belum saya baca sebelumnya. Entah novel romance, metropop ataupun majalah yang belum kelar di baca. Yaa, kali-kali abang ilham bin ide muncul di situ. LOL.  Di sini saya juga bisa tahu, kalimat apa yang seharusnya bisa saya pakai pada draft saya.
  • Nonton Film!! ini yang harus dan kudu dilakuin. Karna kebanyakan ide cerita saya muncul dari film. Karna dari situ tokoh serta karakternya dapat kebentuk dengan mudah dengan ngelihat visualisasinya langsung.
  • Dengerin musik. Klasik, pop, Kpop, barat, dan Indo. Kenapa? Karna setiap lirik yang di hasilkan dari lagu itu biasanya mampu menggambarkan situasi yang sedang di hadapi tokoh saya di draft tersebut. Nambahin backsound dari lagu tsb pasti tambah keren.

So, setelah hampir dari 4 bulanan free dari kegiatan nulis terkecuali ngetweet dan ngeblog yah dan ngelakuin semua hal di atas, akhirnya 2 hari yang lalu saya kembali produktif lagi. Gila, ampe jam satu malam nulisnya ciiinnnn... Mantap nggak tuuh?! Berasa banget puasnya. Karna beban cerita di otak itu udah berkurang. Gregetnya pun udah dapet. Ending sudah rampung, tinggal membuat cerita sebelum endingnya. Dan itu udah ada di otak, tinggal di tulis. Doakan saya yaa, fellas biar ceritanya bisa kelar cepet sebelum saya ngajuin skripsi saya! ^-^)v


You Might Also Like

0 comments

Followers

Member of

Blogger Perempuan
ID Corners

Subscribe