.

[ TIPS ] - Paduan Mudah Membuat Visa Turis ke China

8:45:00 PM



Mengunjungi negara yang menggunakan visa sebagai syarat untuk masuk ke negara tersebut sering menjadi momok menakutkan bagi pemegang paspor Indonesia. Cerita dari bebeberapa traveler yang sering mengalami penolakan visa karna dokumen tidak lengkap, atau jumlah tabungan tidak begitu banyak menjadikan proses pembuatan visa selalu menjadi hal menakutkan.

Hal tersebut juga mempengaruhi saya ketika memutuskan untuk traveling ke negara China di bulan September 2019. Apalagi pengajuan visa dari beberapa negara yang pernah saya ajukan tidak sebanyak orang-orang. Saat itu saya hanya pernah mengajukan visa untuk Jepang dan Korea Selatan, dan itu terjadi di tahun 2013 dan 2015-2016. Jadi, sudah cukup lama.


Namun, ternyata momok yang menakutkan itu tidak beralasan. Karna proses pembuatan visa turis ke China tergolong cukup mudah dan tidak memusingkan. Biasanya yang memusingkan adalah mengenai bukti keuangan. Tapi, ternyata pada persyaratan pengajuan visa turis ke China, hal tersebut tidak dibutuhkan. Jadi , tidak perlu pusing untuk mengisi tabungan sampai puluhan juta untuk sekedar agar visa diterima.

Nah, berikut adalah paduan mudah membuat visa turis ke China yang sudah pernah saya lakukan di bulan Agustus 2019.

1. Mengunjungi Website Visaforchina.org/jkt


Segala informasi tambahan dari proses pembuatan visa turis ke China ada di website ini. Mulai dari mengunduh formulir untuk pengisian pengajuan visa, informasi mengenai jumlah foto yang digunakan untuk pengajuan visa sampai ukuran yang dibutuhkan, semuanya ada di sini. Untuk formulirnya ada dua versi. Versi berbahasa Indonesia atau versi berbahasa Inggris.

Berikut ini adalah pranala untuk formulir berbahasa Indonesia & pranala untuk formulir berbahasa Inggris. Untuk penulisan formulir harus menggunakan ketik komputer (tidak menerima tulisan tangan), atau bisa mengisi formulir secara daring dari website Visaforchina.org/jkt tersebut setelah selesai di isi bisa dicetak. Karna cetakan asli dibutuhkan saat pengajuan visa.

Pilih tab ” How to Apply ” dan klik ” Step by step guidance (visa) ” atau ” Quick Access (visa) ” untuk mengisi formulir pengajuan visa secara daring.


2. Persyaratan Pengajuan Visa Turis ke China

 
source : visaforchina.org/jkt
Persyarataan foto visa turis ke China
  • Formulir yang sudah diisi dan dicetak
  • Foto 2 buah. Ukuran 48mm x 33mm ( seluruh wajah ) dengan latar berwarna putih atau mendekati putih tanpa garis tepi dan foto diambil dalam kurun waktu 6 bulan.
  • Bukti legal status bagi yang melakukan pengajuan bukan di negara sendiri, seperti kartu ijin tinggal dll
  • Fotokopi visa Chinese sebelumnya - jika ada
  • Paspor yang masih berlaku min. 6 bulan ( saat pengajuan paspor tidak sedang digunakan )
  • Untuk pemohon di bawah 18 tahun, harus melengkapi dokumen sebagai berikut : fotokopi akte kelahiran, fotokopi paspor orang tua atau ID Card, surat pernyataan dan surat kuasa jika pengajuan tersebut tidak didampingi oleh orang tua dengan keterangan tanggal keberangkatan beserta informasi nomor orang tua yang bisa dihubungi
  • Daftar rencana perjalanan selama di China ( itinerary )
  • Surat undangan jika memiliki sponsor di China yang berisi informasi pemohon seperti tanggal lahir, nama lengkap, jenis kelamin, informasi pengundang serta rencana perjalanan selama di China. 

 3. Mendatangi Visa China Center

Setelah semua persyaratan dokumen dan formulir telah diisi secara online dan dicetak, pemohon bisa mengunjungi Visa China Center Jakarta beralamat di :

Gedung The East.

Unit 07-12, 8th Floor East Building Jl, DR Ide Anak Agung Gde Agung Blok E.3.2 Kav 1 South Jakarta 12950.

Jam operasi :

Monday – Friday


Application Submission ( Regular / Express ): 9:00 -- 15:00
Application Submission ( Urgent): 9:00 -- 11:00

Payment and Passport Collection: 9:00 -- 16:00
Urgent and Express Passport Collection: 14:00 - 16:00


Visa Center China tutup di hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional di Indonesia

Pemohon akan diberikan nomor antrian dan akan dipanggil ke bagian pengajuan visa sesuai nomor antrian tersebut. Dan akan diberikan bukti tanda terima yang nantinya akan digunakan saat mengambil visa yang sudah disetujui.

Proses pengajuan visa membutuhkan waktu sekitar 4 hari kerja dan informasi pengambila visa yang sudah disetujui tertera pada lembaran tanda terima pengajuan visa.


4. Biaya Visa.



source : visaforchina.org/jkt

Proses pembayaran dilakukan setelah visa disetujui dan bisa diambil. Pembayaran bisa menggunakan kartu debit/credit atau pun dengan tunai.

Oia, diharapkan pembuatan rencana perjalanan dan informasi booking hotel menggunakan Bahasa Inggris yah. Karna saat itu saya mencetak lembaran booking hotel dengan menggunakan Bahasa Indonesia, dan di saat yang bersamaan juga saya diminta untuk mengganti hasil cetakan tersebut dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Gampang kan? Nggak perlu pakai rekening tabungan buat membuktikan bukti keuangan. Jadi, nggak perlu pusing-pusing deh. Hidup sudah susah, jangan ditambahin susah hahah.

Sudah siap mengunjungi Tembok Besar China? Atau Kota Terlarang atau mau kulineran makanan halal di Xi’an? Bisa banget. Kuy ahh traveling lagi, jangan kerja mulu hihihi.



See ya!
Vindri Prachmitasari

Email        : Vindri.prachmitasari@gmail.com
Instagram : @veendoorie






You Might Also Like

2 comments

Followers

Member of

Blogger Perempuan
ID Corners

Subscribe