.

Rekomendasi Ragam Acara dan Drama Korea yang Bikin Semangat Traveling

11:28:00 PM




Semua orang akan ke-Korea-an pada waktunya.
Yup, bener banget. Semuanya.
Mulai dari orang-orang yang nggak pernah sedikitpun noleh ke hal-hal yang berbau Korea, sekarang di mana-mana, di chat, di instagram, di status WA, di twitter, semuanya ngomongin tentang Korea.

Dulu saya inget banget, hanya saya di kantor yang nge-hype soal Kpop dan K-drama. Hanya saya yang nge-hype ketika Super Junior comeback, atau BTS comeback serta boy group Kpop lainnya, membahas ulang serial Goblin, dan bucin ke aktor-aktornya. Bahkan mencoba untuk memberikan virus Korea ke beberapa teman muggle saya. Promosi kalau aktor Korea itu cakep-cakep, akting bagus dan fashionable. Semua udah saya lakukan sendiri.

Beberapa berhasil diracuni, beberapa nengok pun nggak. Berasa kayak hilang derajatnya kalau nengok ke Korea-an. Tapi, gegara pada work from home, PSPB, semua orang mau nggak mau butuh hiburan supaya nggak mati kebosanan. Salah satunya mencoba menonton, mendengar, serta menikmati film, drama seri, dan musik Kpop. Dan BOOM! Kisah drama The World of Married yang bikin emosi jiwa dengan pelakor yang cantiknya bikin pengen oplas, membuat mereka kerajinan minta rekomendasi sama sesepuh Kpopers dan Kdrama.

Dan sebagai sesepuh Kpopers sejak 2009an, dan bucin K-drama sejak 2004, saya memberikan rekomendasi mengenai tontonan K-drama dan musik Kpop yang bagus dan enak di dengar bagi kaum pemula.

Tapi, tenang saya nggak akan membahas drama cinta-cintaan yang menyayat hati atau bikin baper semingguan atau emosi sampe pengen jambak rambut pelakor kehidupan. Saya akan bahas mengenai beberapa ragam acara Korea dan drama yang bikin jiwa-jiwa traveling muncul lagi. Korea Selatan nggak melulu soal drama-nya yang bikin baper, tapi ragam acaranya juga sama serunya. Dijamin gegara ragam acara serta drama tersebut, membuat traveler kayak saya akan memasukkan lokasi mereka ke dalam bucket list rencana traveling setelah pandemik ini selesai.

1. The Package

source : asianwiki


Ini merupakan drama seri dari Korea Selatan yang mengusung tema traveling. Lebih spesifiknya sih mengenai kerjaan seorang pemandu wisata Korea yang berada di Paris, Perancis. Selain mengulik tentang kehidupan seorang pemandu wisata yang harus memiliki pengetahuan luas tentang tempat wisata di Paris dan bersikap profesional terhadap kerjaannya, ada kisah cinta yang diselipkan di kehidupan dari pemandu wisata ini. Trus selling point dari drama ini apa? Lokasi dramanya berada di kota cinta sejuta umat, Paris. Dari episode awal hingga akhir. Hanya beberapa adegan flashback aja yang mengambil sedikit adegan di Korea Selatan. Tempat wisata yang didatangi juga nggak kaleng-kalengan lho. Semua lokasinya bikin ngiler pengen banget ke Paris.

Berikut adalah daftar tempat wisata yang dikunjungi di dalam drama The Package, mulai dari yang mainstream sampai yang saya baru tahu kalau ada tempat secantik itu :

· Bandara Charles de Gaulle

Syuting di bandara untuk drama tema traveling sih emang kudu. Karna gimana pun, bandara adalah gerbang utama dari suatu negara. Dan di drama ini penonton bisa tahu gimana isi bandaranya. Walaupun belum pernah ke sana, tapi udah ada gambaran visual isi bandaranya kayak apa.

· Arc de Triomphe

Dalam Bahasa Indonesia-nya adalah gerbang kemenangan, adalah monumen kemenangan yang berbentuk palengkung kemenangan di Paris yang berdiri di tengah area Place de I’Etoile, di ujung barat wilayah Camps-Elysees. Bangunan ini dibangun atas perintah Napoleon Bonaparte dengan tujuan untuk menghormati jasa tentara kebesarannya. Arc de Triomphe yang bergaya Neoklasik dan Romawi kuno dibangun pada tahun 1806-1836.(Wikipedia )

· Champs Elysses


Adalah sebuah lapangan luas di Paris yang dijuluki sebagai La Plus belle avanue du monde yang artinya jalan terindah di dunia. Jalan ini memiliki panjang 2 KM dari Place de la Concorde di timur dengan obeliksnya hingga Place Charles de Gaulle ( sebelumnya bernama Place de I’Etoile) dengan Arc de Triomphe. Di sini banyak banget toko-toko merek dunia serta restoran ternama. Jalan ini menjadi strip real estate termalah kedua di dunia setelah Fifth Avenue di New York City.

· Place de la Concorde

Adalah sebuah alun-alun yang dibangun di tahun 1755 sebagai alun-alun yang berbentuk oktagon yang dikelilingi oleh patung dan air mancur. Di alun-alun ini juga terdapat menara obeliks yang terkenal. Dan di tempat ini Raja Louis XVI serta Marie - Antoinette dieksekusi karna tindak korupsi serta kehidupan yang glamor dengan pisau guillotine di masa Revolusi Perancis. Selain mereka berdua, terdapat banyak tokoh yang juga dieksekusi di tempat ini.

· Menara Eiffel

Ikon terkenal di seluruh dunia yang dimiliki kota Paris. Dibangun di tahun 1887 - 1889 oleh Gustave Eiffel dengan tinggi 324 meter sampai di antena.

· Pont Neuf

Adalah sebuah jembatan tertua di Paris yang berdiri di seberang sungai Seine. Jembatan ini memiliki panjang 232 meter dan lebar 22 meter dan dibangun di tahun 1578- 1607. Di sisi jembatan terdapat patung Mascarons atau topeng batu yang jumlahnya 381, masing-masing berbeda di tiap sisi jembatan.

· Montmartre

Merupakan sebuah bukit setinggi 130 meter. Dikenal juga dengan sebutan bukit mars. Di sini juga terdapat gereja berkubah putih yang bernama Basilica of the Sacre Coer. Di distrik ini banyak sekali seniman yang mendirikan studio atau bekerja di sekitar komunitas Montmartre seperti Salvador Dali, Modigliani, Claude Monet, Pablo Picasso dan Vincent van Gogh.

· Auvers - sur - Oise

Adalah sebuah kota tenang di pinggiran barat laut Paris. Terletak 27.2 km dari pusat kota Paris. Kota ini sering dikaitkan dengan Vincent van Gogh. Banyak karya lukisan dari van Gogh yang mengambil lokasi di kota ini, karna kota ini adalah tempat van Gogh dibuang dari rumah sakit jiwa hingga akhirnya berkomitmen untuk bunuh diri di tempat ini. Di sinilah van Gogh dimakamkan di samping makam adiknya.

Tempat ini tenang banget, karna banyak ladang gandum serta terdapat Eglise Notre-Dam d’Auvers, gereja yang menjadi lukisan van Gogh di awal Juni 1890. Menurut sumber, van Gogh mendeskripsikan lukisan tersebut sebagai surat untuk adik perempuannya yang bernama Willemien.

· Mont Saint-Michel

Source : Kpopmap , JTBC


Adalah sebuah pulau pasang berbatu di Normandi, sekitar 1 km dari pesisir utara Prancis di mulut sungai Couesnon dekat Avranches yang merupakan sebuah biara di awal tahun pembuatan 708 dan kemudian yang di dalamnya ditambahkan penjara bagi mereka yang melawan pemerintahan selama revolusi Perancis. Hingga akhirnya dikembalikan lagi sebagai biara di tahun 1922. Month Saint Michel merupakan situs warisan dunia UNESCO. Di dek atas biayara sepanjang 156 m terdapat patung emas St. Michael.

Walaupun pulau ini sangat kuno namun terasa nyaman karna terdapat toko-toko suvenir yang ramai, restoran serta kafe di sekiling pulau. Apalagi bangunannya di sekitar masih menggunakan bangunan lama dan terdapat kastil sehingga seakan-akan membawa pengunjung untuk kembali ke jaman renaissance .

· Honfleur

Kota pelabuhan yang cantik. Terletak di tepi selatan muara Sungai Seine di seberang le Havre dan sangat dekat dengan pintu keluar Pont de Normandie.


· Museum Louvre

Museum ini sudah tersohor di seluruh dunia sebagai tempat penyimpanan koleksi lukisan klasik dan modern. Lukisan Mona Lisa tersimpan di museum ini

· Notre-Dame de Paris

Berarti Bunda Kami dari Paris adalah katedral Katolik abad pertengahan. Katedral ini dipandang sebagai salah satu contoh terbaik arsitektur Gothik Prancis. Katedral ini mulai dibangun tahun 1160 dan hampir rampung di tahun 1260, namun masih terus mengalami perubahan selama beberapa abad selanjutnya. Pada tanggal 15 April 2019, katedral ini terbakar dan rusak parah, menara utama beserta atapnya runtuh.


2. Goblin

Source : tvN


Drama Korea terbaek dah ini. Dari segi alur cerita, aktor dan aktris yang meranin, chemistry antar pemain, plot twist, serta sinematografi-nya emang keren banget. Apalagi mengambil sebagian lokasi ceritanya di kota Quebec, Kanada. Gegara nonton drama Goblin, jadi pengen banget ke Quebec. Asli lokasinya cantik banget.

Berikut adalah beberapa lokasi syuting di Quebec :

· Quartier du Petit Champlain Theather

Source : Screen Capture from tvN Drama


Area ini menjadi lokasi syuting Goblin sebagai portal atau pintu ketika akan Kim Shin aka Gong Yoo berpindah dari Korea Selatan ke Quebec. Sebenarnya Quartier du Petit Champlain adalah sebuah area komersial kecil yang ada di Quebec yang diklaim sebagai distrik komersial tertua di Amerika Utara.

Gak hanya itu, di sekitaran area ini juga terdapat sebuah toko perlengkapan natal yang digunakan sebagai tempat syuting Goblin. Nama tokonya La Boutique de Noel.

· Parc du Bastion de la Reine

Source : tvN


Di sini nih, lokasinya yang bikin mata betah lama-lama nonton drama Goblin. Karna di lokasi inilah seluruh pemandangan kota Quebec dari atas bukit terlihat. Dalam drama Goblin bukit ini dijadikan tempat peristirahatan terakhir orang-orang yang sangat dekat dengan Kim Shin serta tempat pertemuan kembali Kim Shin dan Eun Tak setelah bereinkarnasi.
Oia, batu nisan yang ada di dalam drama sebenarnya hanya properti drama saja, jadi pas kalian ke sana, batu nisan itu udah ga ada lagi.

· The Parliament Garden

Source : Screen capture from Viu , original screen tvN


Masih ingat adegan ketika Kim Shin sedang membuka buku hariannya dan membaca sebuah puisi dan ketika itu yang terbayang adalah wajah Eun Tak di sebuah taman dekat air mancur? Dan kalau nggak salah di situ juga si Eun Tak bilang ” Saranghae Ahjussi”. Nah, lokasi inilah yang dipakai untuk adegan romantis itu. Kayaknya bakal sangat romantis kalau berkunjung saat musim gugur. Pasti cakep banget.

· Parc Samuel - Hollandae

Source :tvN drama


Di musim gugur dan berjalan di taman bisa banget bikin suasan menjadi romantis. Apalagi ditambah dengan daun maple yang berguguran. Begitu juga dengan adengan Kim Shin dan Eun Tak saat berjalan di taman dan menangkap salah satu daun maple yang berguguran. Parc Samuel - Hollandae terletak di sekitar area College Saint - Sacrament, yang merupakan sekolah swasta yang terletak di Old Terrebonne, di wilayah Lanaudière.


3. Traveler 1 & 2

Source : JTBC


Nonton ragam acara jalan-jalan ini beneran biking mupeng, bikin jiwa backpacker saya kambuh lagi. Gimana nggak, ragam acara jalan-jalan yang ditayangkan di stasiun tv Korea Selatan oleh JTBC ini adalah program jalan-jalan dengan dua aktor terkenal Korea Selatan yang dramanya mendapatkan rating tinggi yaitu Ryu Jeon Yeol ( Kdrama Reply 1988) dan Lee Ji Hoon ( Kdrama Signal ) untuk musim pertamanya. Tidak hanya itu, lokasi yang digunakan untuk melakukan perjalan wisata bukan lokasi yang mainstream, tetapi lokasi yang jarang dikunjungi oleh traveler Indonesia pada umumnya. Ke mana mereka? Ke negara Kuba. Wiihhh.

Ragam acara ini menawarkan perjalanan wisata dan film dokumenter dengan gaya wisata ransel aka backpacker untuk bisa menikmati berbagai pengalaman di daerah setempat. Mereka nggak hanya berada di ibukota Kuba saja yaitu Havana, tapi ke beberapa kota yang saya sendiri nggak yakin pernah dengar kota itu. Seperti kota Vinales, Playa Giron, Trinidat, dan Varadero.

Source : JTBC


Acara ini seru banget karna tau sendiri kan kalau akses di Kuba itu terbatas dari segi internet. Bayangin untuk bisa reservasi hotel aja kudu manual akan pesen on the spot, dan di beberapa daerah tertentu kadang suka penuh hingga mau nggak mau kudu cari satu per satu tempat menginap. Trus untuk bisa pake internet, mereka harus beli voucher internet dan baru bisa dipakai di hotspot aja. Gilss, berasa traveling di era 80an.

Nggak hanya itu saja kok, karna Kuba mengalami embargo ekonomi sejak tahun 1960an sehingga menyebabkan kondisi ekonomi Kuba cukup terpuruk, nggak heran jika kondisi kota di Kuba itu masih teringgal jika dibanding negara-negara tetangganya. Bahkan terkesan sangat vintage. Buktinya banyak banget mobil kuno era 50an masih digunakan di Kuba baik sebagai taksi atau sebagai kendara pribadi.

Namun untungnya, sejak tahun 2017 mereka mulai membuka diri terhadap pariwisata jadinya nggak heran sudah makin banyak wisatawan yang berkunjung ke Kuba. Kondisinya kotanya gimana? Di sini Ryu Jeon Yoel yang suka banget motret nggak bosen-bosen buat menjelajahi kota buat sekedar motret. Pokoknya bikin mupeng banget deh. Apalagi kotanya sendiri eksotik dengan bangunan kolonial di mana-mana yang sudah dipastikan menjadi objek foto.

Source : JTBC


Lalu bagaimana dengan musim keduanya? Ini juga nggak kalah menarik. Negara yang mereka kunjungi adalah Argentina. Negara sepak bola, tanggo, dan kota-kota yang cantik. Untuk kali ini aktor yang menjadi traveler-nya adalah Kang Ha Neul ( Kdrama Scarlet Heart Ryeo), Ong Seung Woo ( ex member Wanna one & Kdrama At 18 ) dan Ahn Jae Hong ( Reply 1988) . Chemistry dari mereka itu terasa natural banget, tempat wisata yang dikunjungi juga informatif serta bisa melihat sisi lain dari para travelernya terasa manusiawi banget. Karna selama ini kan melihat mereka hanya dari drama dan musik video mereka saja. Dan juga hasil foto dari Ong Seung Woo bagus-bagus lho.

4. Trans-Siberian Pathfinder.

Source : tvN Asia


Ini sih gokil sih ragam acara jalan-jalannya. Karna mereka harus menggunakan sleepers train dari Vladivostok sampai ke Moskwa ( Moskow ) yang jaraknya 9.259 km. Jalur ini dibangun sejak tahun 1947 dan selesai pada tahun 1955 oleh Uni Soviet. Butuh waktu 8 tahun untuk bisa menyelesaikan jalur sepanjang 9.289 km. Trans-Siberian memang menjadi salah satu mode transportasi yang cukup murah bagi traveler berdana pas-pasan namun waktu tempuhnya sangat lama 5-7 hari perjalanan untuk bisa sampai ke Moskow dari Vladivostok. Sebenarnya, rute Vladivostok - Moskow PP adalah salah satu rute yang ada, beberapa rute seperti Beijing - Moskow via Mongolia. Karna daerah yang terdekat dengan Korea Selatan adalah Vladivostok, maka tim traveler memilih jalur Vladivostok - Moskow yang akan melewati 126 stasiun.

Apa yang menarik dari ragam acara ini, tentu saja para aktor yang sering malang melintang di film dan drama Korea Selatan. Sebut saja Kim Nam Gil ( The Fiery Prist ), Lee Sun Kyun ( My Mister, Parasite), Lee Sang Yeob ( Good Casting ), Kim Min Sik ( Ashfall) , dan Go Kyu Pil ( The Fiery Prist ). Nggak hanya itu saja sih, beberapa kota yang mereka kunjungi ketika kereta mereka transit di stasiun membuat mereka bisa menjelajahi kota itu dengan waktu terbatas, serta bisa melihat dan mempelajari kehidupan para traveler di dalam kereta dengan jalur terpanjang seperti.

Source : tvN




Di kereta itu di sediakan tempat tidur baik yang ekonomi ataupun kelas bisnis, dan yang bikin serunya kadang di beberapa kelas ekonomi untuk mandi mereka harus melewati kelas bisnis dulu dan itu hanya bisa sekali karna harus bayar. Jeng Jeng! Jadi nggak heran jika kadang melihat mereka belum mandi selama beberapa hari. Dan yang lebih serunya, perbedaan jam serta musim dari satu kota ke kota lain bikin takjub. Contohnya, saat memulai di Vladivostok suhunya panasnya ampun-ampunan, tapi ketika tiba di beberapa kota setelahnya suhunya sudah mulai dingin.


Itulah 4 rekomendasi ragam acara dan drama Korea yang bikin mupeng untuk traveling lagi. Selain menampilkan dokumenter jalan-jalan dari tiap travelernya, ragam acara banyak pengetahuan tentang kota, cara hidup di kereta selama perjalanan dan jadi tahu budaya lokal di satu kota.
Semoga rekomendasi ini bisa mengusir kebosanan selama di rumah tanpa bisa traveling lagi dalam waktu dekat. Kalau ada yang mau nambahin, silakan tambahin di kolom komentar. Jadi, ketika pandemik ini kelas, kira-kira negara atau kota mana yang bakal dikunjungi pertama kali?


Stay health, Fellas!
Vindri Prachmitasari


Email          : vindri.prachmitasari@gmail.com
FB              : https://web.facebook.com/Vindri.P
IG              : @veendoorie










You Might Also Like

2 comments

Followers

Member of

Blogger Perempuan
ID Corners

Subscribe