}); [Edisi Ho Chi Minh] – Untuk Muslim Traveller, Ini Dia 4 Kedai Makanan Halal Khas Vietnam yang Bisa Dinikmati di Ho Chi Minh City. | I AM GONNA TELL YOU MY STORY [Edisi Ho Chi Minh] – Untuk Muslim Traveller, Ini Dia 4 Kedai Makanan Halal Khas Vietnam yang Bisa Dinikmati di Ho Chi Minh City. - I AM GONNA TELL YOU MY STORY

.

[Edisi Ho Chi Minh] – Untuk Muslim Traveller, Ini Dia 4 Kedai Makanan Halal Khas Vietnam yang Bisa Dinikmati di Ho Chi Minh City.

12:19:00 PM

Setiap membuat rencana perjalanan ke luar negeri, mencari makanan halal di tempat tujuan merupakan hal yang penting. Apalagi bagi Muslim Traveller. Makanan halal itu penting banget. Tapi, kadang tidak semua negeri menyediakan kedai makanan halal di negeranya. Apalagi jika negara tersebut memiliki warga Muslim yang minoritas. Tapi, bukan berarti tidak bisa makan atau mencoba makanan lokal di negara tersebut.




Maka dari itu, melakukan research sebelum berpergian adalah hal penting. Agar bisa mengetahui kondisi di negara tersebut serta menyiasatinya. Tapi, untung saja, perjalanan terakhir saya ke Ho Chi Minh, Vietnam sebelum pandemi Covid-19 menyerang, kota itu menyediakan berbagai pilihan kedai halal yang bisa dinikmati oleh Muslim Traveller seperti saya.

Berikut adalah 4 kedai makanan halal yang bisa dinikmati ketika traveller sedang berkunjung ke Ho Chi Minh, salah satu kota metropolitan di Vietnam.

 

The Daun Restaurant

 


Banyak review dari blogger-blogger muslim lainnya tentang kedai ini. Selain halal, makanan yang disajikan adalah makanan otentik khas Vietnam.  Makanya saya masukan ke dalam itinerary saya saat berkunjung ke Ho Chi Minh untuk mencicipi cita rasa makanan Vietnam yang terkenal di seluruh dunia. Saya penasaran, apakah rasanya lebih enak dari yang biasa saya cicipi di Jakarta. Dan ternyata memang seenak itu. Lebih enak dari restaurant Vietnam di Jakarta. Walaupun harganya sedikit lebih mahal dari jenis makanan Vietnam kebanyakan, tapi the price worth to pay.

Selain makanan khas Vietnam, mereka juga menjual makanan khas Singapore dan Malaysia serta Western food. Yaa karna nggak heran sih, pemilik kedai ini adalah orang Singapore Muslim yang sudah lama tinggal di Ho Chi Minh.

Dekorasi kedainya cukup sederhana tidak terlalu besar namun cukup menampung pelanggan yang di atas 10 orang. Selain itu banyak artikel-artikel tentang pemilik dan kedai ini di koran-koran lokal Singapore yang dipajang di dinding kedai. Sehingga sedikit memberikan informasi mengenai usaha yang dirintisnya. Oia, pemiliknya cukup ramah untuk ditanyai mengenai kedainya lho.

Oia, karna ini kedai sederhana jangan mengharapkan tempat yang mewah ataupun estetik yah. Lokasinya sendiri dekat dengan pasar Benh Thanh. Baru baca dari websitenya, kedai ini sedang tutup untuk sementara waktu sampai batas waktu tidak ditentukan. Pasti karna pandemic.

 

Harga Makanan : VND 95.000 – VND 150.000 per makanan

Alamat : 48 Lê Lai, Phường Bến Thành, Quận 1, Thành phố Hồ Chí Minh, Vietnam



Kedai Halal H. Osman

 



Berlokasi di dekat Benh Thanh Market, hanya berjarak sekitar 500 meter, dan sering disebut sebagai Malaysia Road karena di sepanjang jalan banyak restoran atau kedai makanan Malaysia atau menjual pernak Pernik berbau Malaysia bahkan menerima pembayaran dalam Ringgit Malaysia, tidak heran jika area ini sering dijadikan sebagai spot kuliner halal di Ho Chi Minh.

Salah satunya adalah kedai Halal Food H. Osman yang pernah saya coba waktu berkunjung ke Ho Chi Minh. Sehabis berbelanja memang waktu yang tepat untuk mengisi perut kosong dengan makanan khas Vietnam dari kedai H. Osman.



Masuk ke dalam kedai akan disambut dengan berbagai tulisan halal di dinding dekat meja kasir serta foto-foto menu makanan yang terpajang di dinding. Tidak butuh waktu lama ketika harus memesan menu makanan, karena semua ditulis dengan huruf latin dan berbahasa Inggris sehingga jadi tau apa yang mau dipesan.






Saat itu saya memesan Pho karena saya lagi pengen banget nyoba Pho di negeri aslinya. Dan ternyata, rasanya sama enaknya seperti di kedai The Daun. Tapi di kedai Osman ini harganya lebih mruah ketimbang di The Daun. Dan untuk Pho sendiri di Kedai Osman sekitar VND 70.000 atau sekitar IDR 45.000 per porsi. Untuk rasa, cukup enak. Rasa khas Vietnamnya karena daun ketumbarnya bikin semua terasa sedap.

 

Harga Makanan : VND 40.000 – VND 150.000 per makanan

Alamat : 35 Nguyễn An Ninh, Phường Bến Thành, Quận 1, Thành phố Hồ Chí Minh, Vietnam

 

 

Halal @Saigon Restaurant



 

Jika sedang berada di Nguyen Hue Pedestrian Street, kedai halal ini adalah pilihannya. Terletak tidak jauh dari Nguyen Hue Pedestrian Street, hanya beberapa blok melewakti bangunan toko-toko di sekitar dan persis berada di seberang masjid.

Interior restorannya lebih berkelas dibanding dua kedai sebelumnya. Apalagi dindingnya didominasi warna biru muda dan beberapa ornamen yang dipajang di dinding. Meja dan kursinya lebih banyak sehingga mampu menampung banyak pembeli nantinya. Yaa, bisa dibilang fine dining gitu deh.




Menunya cukup variative namun karena saat itu saya butuh nasi karena dari beberapa hari belum bertermu nasi maka sebagai orang Indonesia yang tidak bisa lepas dari nasi, saya memilih menu yang cukup ditemukan di mana mana, nasi goreng seafood ala Vietnam dan Fresh Spring Rolls.



Memang dari segi harga, menu makanan di sini lebih mahal. Harga nasi goreng saja sekitar VND 169.000 untuk semua varian nasi goreng atau sekitar IDR 107.000 per porsi belum lagi dengan spring rolls nya VND 139.000 atau sekitar IDR 87.500. Tapi sudahlah yah, karena kebutuhan makanan halal adalah hal yang utama, maka harga menjadi hal belakangan.

Keuntungannya karena berada di depan masjid, maka bisa dengan mudah untuk menjalankan sholat bagi yang belum menjalankannya.  Lalu, bagaimana dengan rasanya, lumayan untuk nasi goreng dan oke untuk spring roll nya. Oia, sampai saat ini restoran ini tetap buka lho.

 

Harga : VND 79.000 – VND 399.000 per porsi makanan

Alamat : 31 Đông Du, Bến Nghé, Quận 1, Thành phố Hồ Chí Minh, Vietnam

 

 

 Hummus and Grill Halal Restaurant Saigon

 




Baru aja mau menuliskan mengenai kedai ini, eh ternyata sudah tutup permanen. Sayang banget padahal ini bisa menjadi opsi bagi yang bosan dengan makanan Malaysia atau Vietnam. Tapi, nggak apa-apa saya masih bisa menceritakan pengalaman saya saat menikmati makanan di sini.

Dari segi namanya saja sudah terdengar bahwa ini adalah makanan dari Timur Tengah. Dan memang menu yang disajikan  adalah makanan dari Timur Tengah. Yang kangen nasi biryani bisa di sini tersedia, menu hummus platter adalah yang terbaik saat itu. Berbagai jenis hummus beserta rotinya disajikan dalam paket yang lumayan ekonomis. Karena bisa mencicipi semua jenis hummus dalam satu piring besar.






Tempatnya saat itu tidak terlalu besar bahkan lumayan nyempil karena diapit oleh restoran wester dan pub lainnya. Jadinya kalau tidak jeli, suka nggak keliatan.

Dari segi rasa enak dan mengenyangkan. Di tambah lokasinya dekat dengan hotel saya menginap saat itu.

 

Harga : VND 50.000 – VND 200.000

Alamat : 75/16 Phạm Ngũ Lão, Hem 28 Bui Vien, 700000, Vietnam

 

Well, walaupun beberapa kedai ada yang tutup permanen ataupun tutup sementara, tapi dari beberapa referensi kedai halal di Ho Chi Minh bisa mengindikasikan bahwa sebenarnya kalau mau dicari makanan halal di luar negeri itu ada kok. Yang penting mau berusaha untuk cari tahu sebelum berangkat. Semoga beberapa kedai yang sedang tutup sementara, bisa segera buka dan ketika traveling ke Ho Chi Minh, kita bisa menikmatinya. Semoga saja ketika Covid-19 sudah mulai jadi endemi, kedai-kedai tersebut bisa buka kembali.

 

Stay Health & Safety

Vindri P.

 

Email : Vindri.prachmitasari@gmail.com

IG    : @Veendoorie

Youtube : Vindri prachmitasari

You Might Also Like

0 comments

Followers

Member of

Blogger Perempuan
ID Corners

Subscribe